Sosialisasi Akreditasi pada Satuan Dasar dan Menengah di Kabupaten Sidenreng Rappang

Main Article Content

Ismaya Ismaya
Andi Ahmad Chabir Galib
Syawal Sitonda
Elihami Elihami

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan sekolah-sekolah di Kabupaten Sidenreng Rappang dalam menghadapi proses akreditasi. Kegiatan ini berfokus pada sosialisasi standar akreditasi bagi satuan pendidikan dasar dan menengah, dengan harapan dapat membantu sekolah-sekolah dalam memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional. Metode yang digunakan adalah workshop dan pendampingan langsung kepada para kepala sekolah, guru, dan tenaga administrasi pendidikan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terkait kriteria dan indikator akreditasi, serta adanya peningkatan kesadaran akan pentingnya akreditasi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Selain itu, kegiatan ini juga berhasil memfasilitasi terbentuknya jaringan komunikasi antar sekolah yang berfungsi sebagai wadah berbagi informasi dan pengalaman dalam proses akreditasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan sekolah-sekolah di Kabupaten Sidenreng Rappang dapat lebih siap menghadapi akreditasi, sehingga mutu pendidikan di daerah tersebut dapat terus meningkat.

Article Details

How to Cite
Ismaya, I., Galib, A. A. C., Sitonda, S., & Elihami, E. (2024). Sosialisasi Akreditasi pada Satuan Dasar dan Menengah di Kabupaten Sidenreng Rappang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 6(2), 94-100. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/8397
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.