Pemanfaatan Taman Baca Masyarakat dan Pendidikan Al-qur'an sebagai media dalam Meningkatkan Karakter IMTAQ dan Kreatifitas Anak Didik Di Dusun Osso Desa Pundi Lemo
Main Article Content
Abstract
Program penyelenggara taman Baca masyarakat dan pendidikan Al-Quran merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh E-KKN UNIMEN 2020di dusun osso guna menyediakan bahan bacaan dalam rangka untuk membantu dan memberikan layanan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan, kemampuan keaksaraan, dan keterampilan membaca mastarakat merata, meluas, terjangkau dan mudah di akses oleh masyarakat dengan mudah. Berdasarkan hasil analisa input yang meliputi kompetensi sumber daya manusia atau pengelola taman Baca masyarakat dan pendidikan Al-Quran. sumber informasi yang sediakan, pengembangan koleksi taman Baca masyarakat dan pendidikan Al-Quran, layanan dan fasilitas, serta kegiatan taman Baca masyarakat dan pendidikan Al-Quran dikatakanefektif.Darivariableproses,yangmeliputikegiatanhiburanyangbersifatedukatif, pengembanganbudayabaca,aktifitaspengguna,bimbinganterhadapmasyarakat,kerjasama antar taman Baca masyarakat dan pendidikan Al-Quran atau dengan lembaga lain, serta yang terakhir yaitu pengendalian program (monitoring, evaluasi, dan laporan) juga menunjukan hasil efektif. Serta dari variable autput yang meliputi statistic kedatangan pengunjung, kepuasan pengguna, serta jumlah kegiatan, yang dilakukan dan diadakan oleh taman Baca masyarakat dan pendidikan Al-Quranjuga menunjang hasilefektif.
Article Details
References
Hayati, N., & Suryono, Y. (2015). Evaluasi keberhasilan program taman bacaan masyarakat dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 175. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6355
Jene, O. C. (2013). Peran Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak Di Taman Bacaan Masyarakat “Mortir” Banyumanik-Semarang. JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013 Halaman 1-10, 2(2).
Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291–319. https://doi.org/10.33367/psi.v1i2.295
Saepudin, E., Sukaesih, S., & Rusmana, A. (2017). Peran Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Bagi Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24198/jkip.v5i1.10821
Ibrahim, I., & Elihami, E. (2020). Pembuatan Bawang Goreng Raja di Kabupaten Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(2), 6-17.
Ibrahim, I., & Elihami, E. (2020). Pembuatan Bawang Goreng Raja di Kabupaten Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(2), 6-17.
Mustakim, M., & Elihami, E. (2020). UNDERSTANDING INDONESIA LANGUAGE AND CULTURE AT LONGQI ELEMENTARY SCHOOL TAINAN–TAIWAN ROC. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 54-61.
Mustakim, M., Musdalifah, M., & Elihami, E. (2020). TEACHING INDONESIA LANGUAGE FOR KUN SHAN UNIVERSITY STUDENTS AND VOLUNTEERING FOR CAMPUS GUESTS FROM INDONESIAN UNIVERSITIES TAINAN–TAIWAN ROC. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 42-53.
Suherman, S., Elihami, E., Rahmat, R., & Suparman, S. (2020). KEGIATAN MAPPUASAKI DI KABUPATEN ENREKANG. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 1-15.
Hasan, H., Afifa, N., Maulana, I., Elihami, E., & Aminullah, A. (2020). Budidaya Ikan Nila pada Kolam Tanah. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(2), 24-33.
Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 109-117