Manajemen Pendidikan dalam Perspektif Alqur’an dan As-Sunnah

Main Article Content

Nashiratunnisa Nashiratunnisa
Cecep Anwar

Abstract

Pendidikan Islam makin marak hadir di tengah-tengah masyarakat dan sangat banyak diminati karena dinilai memiliki keunggulan dari sisi akademis dan hafalan Al-Qur’an. Pendidikan yang baik terwujud dengan manajemen yang baik pula. Manajemen sudah ada dan dicontohkan oleh Nabi dan Rasul pada zamannya yang sesuai dengan ayat Al-Qur’an. Sehingga pada artikel ini, bertujuan untuk menggali dan menjabarkan manajemen pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an dan As-Sunnah. Al-Hasil banyak ayat-ayat Al-Qur’an yang menunjukkan tentang manajemen pendidikan khususnya pada fungsi pendidikan yang ada empat yaitu Planning, Organizing, Actuating dan  Controling atau bisa disingkat POAC. Ada yang dapat langsung dipahami bahwa ayat tersebut merupakan penjelasan dari fungsi manajemen ada juga beberapa yang mengharuskan pembaca memiliki kemampuan berpikir tinggi (HOTS). Sejarah Rasulullah SAW juga banyak yang berkaitan dengan keempat fungsi manajemen tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebelum orang-orang barat mengetahui ilmu manajemen, Islam sudah terlebih dahulu memilikinya dalam Al-Qur’an dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Article Details

How to Cite
Nashiratunnisa, N., & Anwar, C. (2022). Manajemen Pendidikan dalam Perspektif Alqur’an dan As-Sunnah. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 34-48. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/4416
Section
Articles

References

Goffar, A. (2020). Manajemen Dalam Islam (Perspektif Al-Qur’an dan Hadits). Jurnal STAI At-Taqwa Bondowoso.
Irawan, d. (2019). Pengantar Wahyu Memandu Ilmu. Bandung: Rajagrafindo Persada.
M.Aziz, M. d. (2020). Manajemen Dalam Perspektif Ayat-Ayat Al-Qur'an. Medan: Perdana Publishing.
Mahrus. (2019). Qur'anic Perspective on Empowering Humanistic Foreign Languange Teaching. Al-Bayan-Journal of Qur'an and Hadith Studies 17 , 168-194.
Mahrus. (2021). Qur'anic Figurative Languange to Develop High Order Thinking Skills (HOTS) and Religious Tolerance Among Languange Learners. Al-Bayan-Journal of Qur'an and Hadith Studies, 172-199.
Syafiie. (2000). Al-Qur'an dan Ilmu Administras. Jakarta: Rineka Cipta.