Perencanaan Strategis di SMP Terpadu Nuruzzaman Islamic Boarding School Bandung
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana strategis di SMP Terpadu Nuruzzaman sebagai salah satu sekolah Islam swasta berasrama sekaligus pesantren yang ada di Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi untuk memahami fenomena yang teramati dari objek penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan metode wawancara dengan tanya jawab untuk memperluas informasi terkait sekolah dan perencanaanya. Hasil dari pengamatan untuk merumuskan strategi yang terlesap dalam visi misi dan tujuan di SMP Terpadu Nuruzzaman dilakukan analisis SWOT maka dapat dilihat faktor strategis dalam lingkungan internal sekolah lebih tinggi daripada lingkungan eksternal. Salah satu contoh faktor strategis dalam lingkungan internal tersebut adalah Sekolah tidak hanya berbasis sekolah saja tetapi juga pesantren untuk menunjang akhlak dan pendalam agama siswa. Implementasi Strategis dilakukan dengan merumuskan program serta pembiayaan. Evaluasi dilaksanakan melalui pelaporan-pelaporan terkait kendala yang dihadapi dan diikuti oleh seluruh stakeholder yang ada di sekolah.
Article Details
References
Buckley, Philip, & Irawan, I. (2016). THE SCIENTIFIC PARADIGM OF ISLAMIC EDUCATION MANAGEMENT: PHENOMENOLOGY PERSPECTIVE. Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.15575/jpi.v2i1.701
Buckley, Phillip, & Irawan. (2015). THE SCIENTIFIC PARADIGM OF ISLMAIC EDUCATION MANAGEMENT: PHENOMENOLOGY PERSPECTIVE. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 26.
Dokumen Buku 1 KTSP 2013 SMP Terpadu Nuruzzaman Tahun 2020/2021. (2020). YPI Nuruzzaman.
Donni Juni Priansa. (2018). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Alfabeta.
Hadi, A. (2013). KONSEP ANALISIS SWOT DALAM PENINGKATAN MUTU LEMBAGA MADRASAH. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1). https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.494
Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Iskandar, J. (2017). PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4270
Lubis, A. (2019). SEKOLAH ISLAM TERPADU DALAM SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. JURNAL PENELITIAN SEJARAH DAN BUDAYA, 4(2). https://doi.org/10.36424/jpsb.v4i2.60
Nuryanta, N. (2018). The Implementation of Strategic Management on Competitive Advantage in Islamic University of Indonesia (Uii) Yogyakarta. Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/ijiis/vol2.iss1.art1
Permatasari, A. (2017). Analisa konsep perencanaan strategis. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi.
Setiorini, R. A. (2018). Rencana Kerja Jangka Menengah SMP Terpadu Nuruzzaman.
Soemanto, S. (2017). PERSEPSI SISWA TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v5i4.301
Sujoko, E. (2017). STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH BERDASARKAN ANALISIS SWOT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p83-96
Sutikno, M. S. (2009). Pengelolaan Pendidikan. Prospect.
Tarantein, E. F., Sulasmono, B. S., & Iriani, A. (2019). PERENCANAAN STRATEGI MARKETING MIX DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.17977/um025v3i32019p156
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy- Toward Global Sustainability. In Pearson Education.