Konsep Pendidikan Islam Ahsani Taqwin terhadap Pembentukan Kepribadian Manusia

Main Article Content

Muhammad Fadli
Elihami Elihami

Abstract

Fokus utama jurnal ini adalah tentang Konsep Pendidikan Ahsani Taqwin Terhadap Pembentukan Keperibadian Manusia. Pembahasan menggunakan analitis kritis sebagai pengembangan dari metode deskriptif. Langkah pembahasan diawali dengan pengungkapan sejumlah ayat al-Qur’an, lalu digambarkan konsep Ahsani Ttaqwim dalam pendidikan Islam. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa perbedaan corak pendidikan dalam perspektif filosofis-psikologis, salah satunya diakibatkan dari perbedaan pandangan tentang konsep manusia. Pandangan manusia tentang dirinya akan memberikan dampak yang sangat kuat terhadap sistem Pendidikan; Bahwa teori dalam pendidikan akan sangat dipengaruhi oleh pandangan manusia tentang dirinya. Secara filosofis, konsep manusia seperti dalam QS. Al-Tin:4 dalam al Qur’an merupakan suatu ideologi yang universal. QS. Al-Tin:4 telah menjelaskan bagaimana cara kita memahami dan menerima persepsi tertentu tentang manusia. Tentu saja ideologi tentang manusia ini sangat bermakna bagi pendidikan Islam, terutama sekali untuk dijadikan sebagai model ideal manusia sebagai tujuan pendidikan Islam secara umum. Ungkapan al-Insan yang dipergunakan dalam QS. Al-Tin:4 yang merefleksikan konsep manusia sebagai makhluk sosial dan kultural memberikan tugas bagi pendidikan Islam untuk membantu manusia mencapai kondisi tersebut. QS. Al-Tin:4 telah menempatkan manusia secara simplikatif tidak hanya sebagai bagian sistematik dari realitas makro-kosmos (Alam, lingkungan sosial). Lebih jauh, menuntut peranan kreatif manusia untuk mengelola alam sebagai sumber daya material (material resource), dalam kerangka misi produktif dan inovatif untuk selalu menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran di muka bumi. Pendidikan Islam harus diorientasikan pada upaya pemeliharaan sebaik-baiknya bentuk manusia dan terus mengembangkan dan meningkatkan potensi dan kemampuan yang dimiliki manusia.

Article Details

How to Cite
Fadli, M., & Elihami, E. (2022). Konsep Pendidikan Islam Ahsani Taqwin terhadap Pembentukan Kepribadian Manusia. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 86-105. https://doi.org/10.33487/al-mirah.v4i2.5212
Section
Articles

References

Abdul Aziz. 2009. Filsafat Pendidikan Islam (Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam), Jogyakarta: Teras.
Abdul Mustaqim. 2008. Pergeseran Epistemologi Tafsir, Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ahmad Sukri. 2005.“Metodelogi Tafsir Al-Qu’an Kontemporer dalam Pemikiran Fazlur Rahman”, kontekstualitas dalam Jurnal penelitian sosial keagamaan.
Ahmad Tafsir. 2008. Filsafat Pendidikan Islami, Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu, Memanusiakan Manusia, Bandung; Remaja Rosdakarya.
Bahruffin. 2005. Aktualisasi Psikologi Islam, Jogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Agama RI. 2009. Al-Qur’an dan Tafsirnya: Edisi yang Di sempurnakan, Jakarta: Departemen Agama RI.
Imam Jalaludin al-Mahalli. 2004. et al, terjemahan Tafsir Jalalain: terj, Bahrun Abubakar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Mahmud Arif. 2008. Pendidikan Islam Transformatif, Jogyakarta, LKIS.
Ramayulis. 2011. er al, Filsafat: Pendidikan Islam: telaah Sistem Pendidikan dan pemikiran Para Tokoh, Jakarta:Kalam Mulia.