Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Strategi Kontekstual pada Mata Pelajaran Fiqih

Main Article Content

Widia Rahayu
Putri Azida Manurung
Jekson Parulian Harahap
Ahmad Ridho
Halimatussakdiah Harahap
Arlina Arlina

Abstract

Artikel ini terinspirasi dari kecenderungan guru mata pelajaran Fiqh untuk mengajar siswa melalui ceramah. Dengan kata lain, tidak ada variasi dalam pendekatan pengajaran. Rendahnya prestasi belajar siswa adalah akibat dari hal tersebut. Pengajaran dan pembelajaran Fiqh harus maju mengingat situasi saat ini. Akibatnya, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode kontekstual pada pelajaran fiqh Di MIN Sekuduk Kabupaten Sambas. (2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode kontekstual pada mata pelajaran Fiqh Di MIN Sekuduk Kabupaten Sambas. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Metode penelitian ini menggunakan metodologi spellbinding subyektif. Sebanyak 24 siswa kelas VI MIN Sekuduk di Kabupaten Sambas menjadi peserta penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Hasil Pretest yang dilakukan hanya 4 siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan, sementara 20 siswa lainnya tidak tuntas, rata-rata nilai yang diperoleh 50 dengan persentase sebesar 17%. (2) ) Hasil siklus I yang dilakukan terdapat 16 siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan, sementara 8 siswa lainnya tidak tuntas, kemudian setelah menggunakan refleksi yang ada peneliti melakukan siklus II yang mencapai nilai ketuntasan sebanyak 24 siswa atau 100%. Berdasarkan hal di atas maka metode Kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh.

Article Details

How to Cite
Rahayu, W., Manurung, P. A., Harahap, J. P., Ridho, A., Harahap, H., & Arlina, A. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Strategi Kontekstual pada Mata Pelajaran Fiqih. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 95-105. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/6167
Section
Articles

References

Budiarti, Erni, Zidni Zidni, and Bambang Eka Saputra. “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MA NW Lenek Lauq.” Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan 2, no. 2 (December 6, 2018): 142–54
Koto, Alaidin. Ilmu Fikih Dan Ushul Fikih (Sebuah Pengantar). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2009.
Taniredja,Tukiran dkk. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta, 2011.
Al-Nahlawi, Abdurrahman, (1983). Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Baiti wa al-Madrasati wa al-Mujtama, Beirut: Dar al Fikr.
Ahmad Zayadi dan Abdul Majid, (2004). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Jakarta: Rajawali Press
http://digilib.uin-suka.ac.id/3851/1/BAB%20I%2CIV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25204/3/IKA%20FITRIA%20FATMAWATI-FITK.pdf
https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/download/1397/833/