Urgensi Pembelajaran Al-Islam ke-Muhammadiyahan dalam Meningkatkan Akhlaq Muliah Mahasiswa di Era Digital: Studi di UNISMUH Makassar

Main Article Content

Wahdaniya Wahdaniya
Sitti Satriani
Abdul Fattah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pentingnya pembelajaran al-Islam ke-Muhammadiyahan dalam meningkatkan akhlaq mulia mahasiswa di era digital (studi di Unismuh Makassar). Adapun jenis penelitiannya deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dilihat dari inti permasalahan penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis normative, pedagogis, psikologis dan sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran al-Islam dan ke-Muhammadiyahan yang dipelajari selama delapan semester di Unismuh Makassar menempati posisi strategis dan menjadi ruh penggerak dalam penyelenggaraan Pendidikan di perguruan tinggi Muhammadiyah. Adapun muatan materi yang terdapat dalam pembelajaran al-Islam ke-Muhammadiyahan adalah aqidah, ibadah, akhlaq dan muamalah. Melalui pembelajaran al-Islam ke-Muhammadiyahan diharapkan tercipta mahasiswa yang memiliki kapasitas akademik yang memadai sesuai perkembangan dan kebutuhan zaman, berakhlak mulia dengan proyeksi sikap yang mandiri, bertanggung jawab dan memiliki komitmen serta kompetisi perjuangan dakwah amar ma’ruf nahi munkar

Article Details

How to Cite
Wahdaniya, W., Satriani, S., & Fattah, A. (2023). Urgensi Pembelajaran Al-Islam ke-Muhammadiyahan dalam Meningkatkan Akhlaq Muliah Mahasiswa di Era Digital: Studi di UNISMUH Makassar. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 167-176. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/7068
Section
Articles

References

Azra, Azyumardi, 2000, Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti: Membangun Kembali Anak Bangsa (Makalah yang disajikan pada Konvernsi Nasional Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta.
Amiruddin, Noor dosen FAI Universitas Muhammadiyah Gresik, Didaktika, Vol. 23, Nomor 1, September 2016
Arifin, Syamsul Rekonstruksi Al Islam Kemuhammadiyahan sebagai Praksis Pendidikan Nilai, Universitas Muhammadiyah Malang, Edukasi, Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Volume 13, Nomor 2, Agustus 2015.
Abdul Majid dan Dian Andayani, 2011, Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya,
Baidarus, T.Hamami, F.M. Suud, A.S. Rahmatullah, (Al-Asasiyya Journal Basic Of Education Vol.4, No. 1, Juli-Desember, 2019, p.71-91), judul penelitiannya, Al Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter.
Kurikulum AIK, Tim Al Islam Kemuhammadiyahan Unismuh Makassar, 2019
Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 02/Ped/I.0/B/2012 tentang Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Bab III, Tujuan, Pasal 3.
Syamsu. S, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Antisipasi Krisis Akhlaq Peserta Didik Pada SMA Negeri di Palopo, Institut Agama Islam Negeri Palopo, INFERENSI, Jurnal Penelitian Sosial keagamaan, Vol. 9, Nomor 2, Desember 2015
Shaleh, Rosyad, Manajemen Dakwah Muhammadiyah, Cet. III; Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2010.
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D, Cet. XII; Bandung: Alfabeta.
Tri Saswandi, Ayu Permata Sari, Analisias penerapan nilai-nilai Al Islam Kemuhammadiyahan dalam perkuliahan, Jurnal Educatio, Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 5 Nomor 1, April 2019
Yunahar Ilyas, 2000, Kuliah Akhlaq, Cet.II, LPPI
Zulfarno, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (Islamic Education Journal p-ISSN 2615-2304, Vol. 1 No. 2, Oktober 2019.