Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (samawa) di Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (samawa) di Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir dan Faktor yang Mendukung dan Menghambar dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui impelementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal(samawa) di Desa Moyo serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berbasisi kearifan lokal di Desa Moyo. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen pokok berupa wawancara sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk melengkapi data yang dibutuhkan. seluruh data yang berkumpul selanjutnya diolah dan dianalisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa implemtasi pendidikan karakter yang ada pada tradisi besiru yaitu saling tolong menolong antar warga, pendidikan karakter pada tradisi beseputis adalah untuk menyatukan segala pendapat untuk mencapai tujuan bersama, dan pendidikan karakter yang terdapat pada tradisi nyorong adalah sikap tanggungjawab pihak calon mempelai laki-laki untuk memenuhi tuntutatn dari calon pihak mempelai wanita.dari masing-masing tradisi tersebut mempuny faktor pendukung dan penghambatnya amsing-masing.
Article Details
References
Banawi, D. (2021). Pendidikan Holistik Dalam Pembentukan Karakter. CV. Global Aksara Press.
Belajar, P., Didik, P., Mts, D. I., & Ikhlas, N. (2018). URGENSI PEMBELAJARAN AL- QUR ’ AN HADIST TERHADAP. AL-ILTIZAM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33477/alt.v3i1.411
Cholifah, T. N., & Zuhroh, L. (2019). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Malang Selatan. Media Nusa Creative.
Djollong, A. F. (2014). Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research). Istiqra’, 2(1), 86–100. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224/197
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714
Firdianti, A. (2019). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatka Prestasi Belajar Siswa. CV. Gre Publishing.
Futra, E. S., Aulia, A. F., & Suratman, S. (2023). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religious Siswa SMP Nabil Husein Samarinda. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(03), 109–116. https://doi.org/10.58812/spp.v1i03.133
Habibi, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (WHATSAPP GROUP, GOOGLE CLASSROOM DAN ZOOM MEETING) Ibnu Habibi. CENDEKIA Media KomunikasiPenelitian Dan PengembanganPendidikan Islam, 12(02), 161–177. https://doi.org/https://doi.org/10.37850/cendekia. V12i2.134
Inkiriwang, R. R., Singal, R., & Roeroe, J. V. (2020). KEWAJIBAN NEGARA DALAM PENYEDIAAN FASILITAS PENDIDIKAN KEPADA MASYARAKAT MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDKAN NASIONAL. Quarterly Journal of Health Psychology, 8(32), 73–92. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html
Iskandar, W. (2019). Kemampuan guru dalam berkomunikasi terhadap peningkatan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 136. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1126-5692-2-PB.pdf
Julistiaty, Madhakomala, R., & Matin. (2018). MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA SMP TUNAS BANGSA SUNTER. Gender and Development, 120(1), 0–22. http://www.uib.no/sites/w3.uib.no/files/attachments/1._ahmed-affective_economies_0.pdf%0Ahttp://www.laviedesidees.fr/Vers-une-anthropologie-critique.html%0Ahttp://www.cairn.info.lama.univ-amu.fr/resume.php?ID_ARTICLE=CEA_202_0563%5Cnhttp://www.cairn.info.
Kurniawan, R. C. (2020). Pelaksanaan Tugas Polri di Era Perubahan Model Perpolisian Masyarakat, Pene-gakan Hukum & Kearifan Lokal. CV. Budi Utama.
MAHSUN, M. (2019). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik Rcg (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas Vi Sdn Buse Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1), 32–46. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i1.631
Muntholib, A. (2016). Menilik Aspek-Aspek Sosial dalam Pendidikan Dasar dan Menengah. Tarbawiyah, 13(2), 271–292. https://core.ac.uk/download/pdf/235260287.pdf
Mustofa, A., & Prayoga, A. (2020). Konsepsi Implementasi Sistem Informasi Managemen dalam Mendukung Pelayanan Tenaga Pendidik. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i1.130
Neolaka, A., & Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Mengenal Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Kencana.
Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Caremedia Communication.
Shofwan, A. M. (2022). CHARACTER BUILDING MELALUI AJARAN AGAMA BUDDHA. Character Building Melalui Ajaran Agama Buddha, 22(April). https://core.ac.uk/download/pdf/235260287.pdf
Suprayitno, A., & Wahtudi, W. (2022). Pendidikan Karakter di Era Milinial (Yogyakarta. CV. Budi Utama.
Suratmi, N. (2016). Karya Pelestarian Kearifan Lokal. Media Nusa Creative.
SURWATINI, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4, 223–226. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119
Suvina, & Agraprana, F. I. (2022). Koreografi Tari Kreasi “Begaba Nepi Rame” Dalam Fenomena Budaya Nyinggu Dusun Batu. Jurnal Ilmu Sosial, Seni, Desain Dan Media, 1(2), 64–74. https://ejournal.ikreasia.com/index.php/rjissdm/article/view/27%0Ahttps://ejournal.ikreasia.com/index.php/rjissdm/article/download/27/24
Tari, S., Idifitriani, F., & Dery Sofya, N. (2022). Rekayasa Perangkat Lunak Crowfunding Basiru Menggunakan Pemrograman Php Dan Freamwork Codeigniter. Jurnal Informatika Teknologi Dan Sains, 4(1), 15–20. https://doi.org/10.51401/jinteks.v4i1.1339
Utami, L. K. D. (2018). Kecerdasan Spiritual Sebagai Indikator Pen- Gukuran Keberhasilan Pelaksanaan Pendidikan karakter. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 5(1), 17–32. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/GW/article/view/609/507
Wibawa, A. P. (2017). Paradigma Pendidikan Seni Di Era Globalisasi Berbasis Wacana. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 17(1), 48–56. https://doi.org/10.32795/ds.v16i01.73
Yuliati, L., & Rohaeti, E. E. (2018). Pengembangan Ekstrakurikuler Berbasis Nilai-nilai Keagamaan Sebagai Upaya Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 93-100.