Peran Penyuluh dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Majelis Taklim Kampung Baru Kelurahan Bombongan Kabupaten Tana Toraja

Main Article Content

Ikhwan Sawaty
Ramlah Ramlah
Martha Lama

Abstract

Penelitian ini adalah bagaimana Peran Penyuluh Agama dalam membentuk Keluarga Sakinah pada Kelompok Majelis Taklim di Kelurahan Bombongan. Dirumuskan masalah Upaya apa yang dilakukan Penyuluh Agama Islam dalam membentuk Keluarga Sakinah pada Kelompok Majelis Taklim di Kelurahan Bombongan. Penelitian ini bersifat kualitatif desktriptif pada Kelompok Majelis Taklim yang berlokasi di Kelurahan Bombongan Kecamatan Makale. sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua Kelompok Majelis Taklim Kelurahan Bombongan sebagai Informan kunci dan Informan tambahan yaitu Penyuluh Agama Islam Fungsional dan PAINO di KUA Kecamatan Makale. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Penyuluh Agama dalam Memberikan Bimbingan Pra-nikah untuk membentuk Keluarga Sakinah di Kelurahan Bombongan yaitu adanya upaya aktif oleh Penyuluh Agama dalam memberikan bimbingan kepada Kelompok Majelis Taklim di Kelurahan Bombongan, dengan memaksimalkan metode yang ada dengan mengacu pada Modul Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin sehingga hasil maksimal bisa didapatkan dalam upaya membentuk keluarga sakinah. Implikasi penelitian ini adalah dengan mengetahui peran Penyuluh Agama dalam memberikan bimbingan pra-nikah dan pentingnya mengikuti bimbingan pra-nikah sesuai dengan Modul Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin dengan mengikuti metode ajar dalam Modul dan Buku Bina KUA, dengan adanya metode ajar yang dijalankan oleh Penyuluh diharapkan ke depannya agar semua calon pengantin dapat mengikuti bimbingan pra-nikah sebelum melakukan pernikahan, serta diharapkan kepada penyuluh agama Islam dalam memberikan bimbingan pra-nikah agar melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya bimbingan pra-nikah dan perlu ada penekanan dari KUA agar semua calon pengantin wajib mengikuti bimbingan pra-nikah baik melalui KUA maupun melalui bimbingan pada Kelompok Majelis Taklim untuk mewujudkan keluarga sakinah. Terutama bagi Pemerintah di Kecamatan Makale agar menyediakan fasilitas yang diperlukan dalam pemberian bimbingan pra-nikah sehingga proses bimbingan pra-nikah lebih efisien.

Article Details

How to Cite
Sawaty, I., Ramlah, R., & Lama, M. (2022). Peran Penyuluh dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah di Majelis Taklim Kampung Baru Kelurahan Bombongan Kabupaten Tana Toraja. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 114-137. https://doi.org/10.33487/al-mirah.v5i1.7615
Section
Articles

References

Alquran al-Karim.
Ahmad Al-Musayyar, M. Sayyid, Fiqih Cinta Kasih Rahasia Kebahagiaan Rumah Tangga, Penerbit Erlangga: PT. Gelora Aksara Pratama, 2008.
Ahmadi, Abu, Ahmad Rohani, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Cet; I, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991.
Amin, Samsul Munir, Bimbingan dan Konseling Islam, Cet. I; Jakarta:Amzah, 2010. Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama, Ilmu Fiqih, Cet; II, CV. Yuliana, 1984/1985.
Departemen Agama RI, Membina Keluarga Sakinah, Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, 2007.
Departemen Agama RI Badan Litbang dan Diklat Lajnah Pentashihan Mushab AlQur’an,
Membangun Keluarga Harmonis, Cet; I, Departemen Agama RI, 2008.
Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data, Ed; I, Jakarta: Rajawali Pers, PT. Raja Grafindo Persada, 2010.
Grafika, Sinar, Undang-Undang Pokok Perkawinan, Cet; IV, Jakarta: Sinar Grafika, 2000. Asep Indra Gunawan. Peran Penyuluh Agama dalam Membentuk Keluarga Harmonis. Jurnal
At-Tatbiq: Jurnal Ahwal al-Syakhsiyyah Volume 07 Nomor 1 Tahun 2022.
Hamid, Rosmaniah. Hadis-hadis Keluarga Sakinah dan Implementasinya Dalam Pembentukan Masyarakat Madani. Cet; I, Makassar: Alauddin University Press, 2011.
Hasan, M. Ali, Pedoman Hidup Berumah Tangga dalam Islam, Ed. I, Cet; II, Jakarta: Siraja Prenada Media Group, 2006. Hellen, Bimbingan dan Konseling, Cet; I, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Ibn ‘Isa al-Turmuziy, Abu ‘Isa Muhammad, Sunan al-Turmuzuiy, Juz. IV, Indonesia: Maktabah Dahlan, t.th. J. Maleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdaya Karya,1995.
Kementrian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: CV. Darus Sunnah, 2015. 70 Mahmud, Akilah, Keluarga Sakinah Menurut Pandangan Islam, Cet; I, Makassar: Alauddin University Press, 2012.
Mania, Sitti, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial, Cet; I, Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Maloko, Muh. Thahir, Dinamika Hukum dalam Perkawinan, Cet; I, Makassar: Alauddin University Press, 2012.
Mufidah Ch, Psikologi Keluarga sakinah Berwawasan Gender, Malang: UINMalang Press, 2008.
Mulyana, Dedy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2002. Muhadjir, Noeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Ed; III, Cet; VII, Yogyakarta: PT. Bayu Indra Grafika, 1996.
Musnamar Tohari, dkk, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Islami, Cet. I; Yogyakarta: UII

Press, 1992.
Narbuko, Cholid, Achmadi Abu, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007. Nawawi, Imam, Terjemah Riyadhus Shalihin, Cet; IV, Jakarta: Pustaka Amani, Juli 1999.
Nur Abduh, Muhammad, Anak Shaleh: Merencanakan, Membentuk, dan Memberdayakan, Cet; I, Makassar: Alauddin University Press, 2011.
Prayitno, Amti, Erman, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Cet; I, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991.
Pudjiastiti, Puline, Sosiologi, Jakarta: Gramedia, 2008.
Tajibu, Kamaluddin, Metode Penelitian Komunikasi, Cet; I, Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Thalib, Muhammad, Konsep Dasar Pembinaan Keluarga Sakinah Penuh Berkah, Cet; X, Bandung: Pen-Irsyangad Baitus-Salam, 1999.
Saleh Ridwan, Muhammad, Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah, Cet; I, Makassar: Alauddin University Press, 2012. Samin, Sabri Aroeng, Andi Narmaya, Fikih II, Makassar: CV.Berkah Utami, t.Th.
Shihab, M. Quraish, Pengantin Al-Qur’an, Cet; VIII, Jakarta: Lentera Hati, 2011.
Syahraeni, Andi, Bimbingan Keluarga Sakinah, Cet; I, Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Syamsuddin AB, Pengantar Sosiologi Dakwah, Ed. I, Cet; I, Jakarta: Kencana 2016.
Walgito, Bimo, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Ed; IV, Cet; II, Yogyakarta: PT. Andi Offset, 1993.
Zainal Arifin, Isep, Bimbingan Penyuluhan Islam Pengembangan Dakwah Melalui psikoterapi Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.