Penerapan Metode Belajar Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Assohwah Al Islamiyah Menggunakan Metode Talaqqi

Main Article Content

Andrian Firdaus
Lalu Fathoni Hidayat
Ahmad Syukron

Abstract

Penelitian ini menggambarkan mengenai penerapan metode Talaqqi dalam pembeleajaran ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Assohwah Al-Islamiyah. Metode Talaqqi meupakan metode yang dianggap cocok terhadap setiap kalangan, metode ini memberikan guru dan siswa waktu untuk berdiskusi dua arah dengan porsi yang sudah ditentukan. Perbedaan karakteristik dari setiap siswa menjadi kendala dalam memmberikan materi, oleh karena itu metode Talaqqi dipilih karena dapat memberikan ruang private terhadap siswa yang tidak biasa dengan kondisi belajar yang ramai. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Data primer pada penelitian ini diambil dari siswa Pondok pesantren Assohwah Al-Islamiyah. Kendala – kendala dalam mempelajari tata cara membaca Al-Qur’an tentu banyak dijumpai dan berbagai macam jenisnya, sehingga perlu perhatian dalam menyelesaikan kendala yang dialami, salah satu kenadala yang biasanya dialami dalam belajar membaca Al-Qur’an ialah memilih metode yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan beajar mengajar. Dari berbagai macam metode belajar ilmu Tajwid, tentu banyak kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh setiap metode, dan metode Talaqqi dianggap sebagai salah satu metode yang cocok diterapkan untuk mengajar ilmu Tajwid disetiap kalangan.

Article Details

How to Cite
Firdaus, A., Hidayat, L. F., & Syukron, A. (2023). Penerapan Metode Belajar Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Assohwah Al Islamiyah Menggunakan Metode Talaqqi. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 252-256. https://doi.org/10.33487/al-mirah.v5i2.7658
Section
Articles

References

Bakir, Abdul Hamid. ‘Pengembangan Bahan Ajar Tajwid Di SMP Tahfidz Al-Amien’, Jurnal TARLIM, 1.2 (2018), 109–20.
Lisa, Esqi Noor, and Makhful. ‘Pengembangan Metode Pengajaran Ilmu Tajwid SQ (Shahibul Qur’an) Di MTs Muhammadiyah Patikraja’, Proceeding Series on Social Sciences & Humanities, 4 (2022), 69–75.
Makhyaruddin.2016. Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT. Mizan Publika
Munawaroh, Sadiyatul. ‘Peningkatan Hasil Belajar Tajwid Melalui Model Pembelajaran “Inquiry Learning” Berbantukan Media Permainan Bendera Tajwid Di SMPN 1 Tulungagung’, Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2.1 (2022), 35–46
Pesantren Pondok Quran. ‘Talaqqi Dan Metode Pembelajaran AlQuran’, Pesantren Pondok Quran, 2018 [accessed 23 January 2024].
Ratnasari Diah Utami, Yosina Maharani. "Kelebihan Dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur'an Juz 29 Dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah", Vol. 5, No. 2, Desember 2018.
Rumah Tahfidz Muntilan Al Fatih. ‘Metode Talaqqi’, Rumah Tahfidz Muntilan Al Fatih, 2021 [accessed 23 January 2024]
Yayasan Al Ma’soem Bandung. ‘Metode Talaqqi, Metode Belajar Tahsin Di Al Masoem Bandung’, Yayasan Al Ma’soem Bandung, 2021 [accessed 23 January 2024]

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.