Penerapan Nilai-nilai Moderasi beragama pada kalangan generasi Milineal di IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Main Article Content

Kirana Annisa Sulistiani
Septi Gmianduari

Abstract

Generasi milenial Indonesia, yang lahir antara tahun 1981 dan 1996, menghadapi tantangan unik dalam konteks agama Islam. Meskipun generasi ini terampil dalam teknologi, terbuka pada informasi baru, dan inovatif, mereka dihadapkan pada ledakan informasi tidak terverifikasi di media sosial. Informasi ini seringkali memperkuat pandangan radikal dan intoleran, bertentangan dengan esensi toleransi dan kerukunan dalam ajaran Islam. Paham ekstrem ini mengancam persatuan dan keharmonisan masyarakat Indonesia yang plural secara agama dan budaya. Generasi milenial harus mengelola informasi secara hati-hati, di mana kebenaran dan ketidakbenaran sering tercampur, dan pandangan provokatif menjadi populer. Dalam konteks agama Islam, tantangan ini semakin kompleks karena risiko penyebaran pemikiran radikal yang bertentangan dengan nilai-nilai toleransi. Memahami konteks sosial dan sejarah Indonesia yang plural menjadi penting untuk mencegah interpretasi agama yang dipolitisasi dan menciptakan pemisahan di masyarakat.

Article Details

How to Cite
Sulistiani, K. A., & Gmianduari, S. (2024). Penerapan Nilai-nilai Moderasi beragama pada kalangan generasi Milineal di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 42-61. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/8065
Section
Articles

References

Albana, H. (2023). Implementasi Pendidikan moderasi beragama di sekolah menengah atas. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 9(1), 49-64.
Alijaya, A., Rifki, M., & Sofiatun, R. (2023). Penerapan Nilai Nilai Moderasi Beragama Untuk Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Siswa RA Al ikhlas Jomin Timur. BUHUN: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(1).
Ardilla, M., Indri, I., Wahyuni, I. L., Pare, E. T., & Tappi, P. (2023). Penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam bingkai Pendidikan agama Kristen. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 629-643.
Asshidiqi, A. Q., Muharam, A., Fajrussalam, H., Mustikaati, W., & Ruswan, A. (2023). Analisis Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SDIT Cendekia Kabupaten Purwakarta. FOUNDASIA, 14(2), 37-51.
Astriyani, R., Tahir, M., & Salam, M. M. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 198-204.
Dewi, S., Zamroni, M. A., & Leksono, A. A. (2024). Penanaman Sikap Moderasi Beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran PAI. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(1), 1-15.
Hairani, D. R. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Di Tk Yomako Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura Papua. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 132-139.
Hidayat, H. (2023). Nilai-nilai moderasi beragama dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN Ketawanggede Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Jakaria Umro, N. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Sekolah. Al-Makrifat: jurnal kajian Islam, 9(1), 152-163.
Jasiah, J., Triadi, D., Riwun, R., Roziqin, M. A., Khofifah, K., Aldianor, A., ... & Palias, S. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Huma Tabela di Desa Tumbang Tanjung. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 493-500.
Muchlis, L. S., Amra, A., Demina, D., Amran, S. H., Rezika, E., & Asroa, I. (2023). Manajemen Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Pondok Pesantren dan Sekolah di Kabupaten Tanah Datar. ISLAMIKA, 5(4), 1609-1623.
Mustafa, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Semua Mata Pelajaran dalam Upaya Membangun Karakter Sosial Siswa SMP Negeri 1 Talun. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(1), 128-135.
Ponno, A. T., Reniati, R., Sambo, Y., Tangnga, S., & Mean, R. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Lingkup Masyarakat Majemuk. Jurnal Salome: Multidisipliner Keilmuan, 1(5), 356-365.
Saefuddin, A., Sumarna, C., & Rozak, A. (2023). Nilai-Nilai Moderasi Beragama dan Implementasinya Dalam Pendidikan Agama Islam di Abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 11-17.
Saputra, M., & Dina, L. N. A. B. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Siswa Kelas X di SMAN 8 Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 8(9), 124-136.
Sari, U. A., Nuruddien, M., & Arumawan, M. M. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama: Implementasi Pembelajaran pada Sekolah Berkebutuhan Khusus di Ponorogo. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 229-236.
Sari, U. A., Nuruddien, M., & Arumawan, M. M. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama: Implementasi Pembelajaran pada Sekolah Berkebutuhan Khusus di Ponorogo. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(2), 229-236.
Suryana, D., & Maryana, I. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di Madrasah Diniyah Marifatul Huda. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01).
Wahab, G., & Kahar, M. I. (2023). Implementasi Metode Pembiasaan dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3357-3366.
Wardati, L., Margolang, D., & Sitorus, S. (2023). Pembelajaran Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama: Analisis Kebijakan, Implementasi dan Hambatan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 175-187.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.