Manajemen peserta Didik di Lembaga Pendidikan Islam Madrasah Tsanawiyah Yasti 3 Cisaat
Main Article Content
Abstract
Fenomenna yang ada yaitu karakter peserta saat ini mengalami kemerosotan, tidak mengamalkan nilai-nilai kemanusiaan, tidak menghormati orangtua, guru, dan sesama teman, waktu belajar terganti dengan aktivitas media sosial. Siswa lebih asyik bebicara dalam media sosial dan mengacuhkan dunia nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskritif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan triangulasi data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bentuk-bentuk implementasi manjemen perencanaan yaitu analisis swot, melakukan diskusi, menentukan karakter yang akan dikembangkan, menentukan kegiatan dan membuat tim pengembangan. Proses implementasi manjemen perencanaan yaitu mengecek keterlaksanaan baik didalam maupun diluar kelas menggunakan metode diskusi,pembiasaan,dan contoh.Dampak dari proses implementasi manajemen perencanaam yaitu meningkatnya peningkatan kesadaran diri dalam bersikap sosial pada siswa.
Article Details
References
2. Robby Ardhana, S. C. U. R. S. Z. D. Hakikat Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. ALACRITY J. Educ. 3, 10–18 (2023).
3. Astuti. Manajemen Peserta Didik Astuti. Astuti 11, 134 (2011).
4. Muli Prima Aldi. Manajemen Peserta Didik Di Lembaga Pendidikan. J. Pendidik. dan Pemikir. Islam 17, 751–763 (2020).
5. Burhan Nudin, S.Pd.I., M. P. I. Buku Ajar Manajemen Peserta Didik. (2019).
6. Munarji. Buku Menejemen Lembaga Pendidikan.pdf. Manajemen Lembaga Pendidikan 26 at (2019).
7. Thoha, M. & Aziz, A. Manajemen Pendidikan Islam Konseptuual dan Operasional. Pustaka Radja 1–171 (2016).
8. Eni. Islamic Education Management. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (2020).
9. Rifa’i, M. Manajement Peserta Didik. CV. Widya Puspita vol. 53 (2018).
10. Harahap, M. Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam. J. Pendidik. Agama Islam Al-Thariqah 1, 140–155 (2017).
11. Damanik, dkk. Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. J. Pendidik. dan Konseling 5, 3696–3702 (2023).
12. Annas, A. N. Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan. Manaj. Pendidik. Islam 5, 132–142 (2017).
13. Setiawan, H. R. Manajemen Peserta Didik (Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan) ebook. Umsu Press (2021).
14. M.Pd, H. D. Manajemen Peseta Didik. J. Serunai Adm. Pendidik. 6, 1–10 (2018).
15. Sibarani, W. S., Sibarani, L. A., Ali, Y., Harahap, A. & Amalia, R. Kegiatan Manajemen Peserta Didik di Sekolah. J. Educ. 05, 5849–5861 (2023).
16. Jahari, J., Khoiruddin, H. & Nurjanah, H. Manajemen Peserta Didik. Isema 3, 170–180 (2018).
17. Hidayat, R. & Wijaya, C. Ayat-ayat Al-qur’an Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (2017).
18. Amrona, Y. L., Nurhuda, A., Assajad, A., Putri, A. A. & Anastasia, A. Manajemen Peserta Didik sebagai Sarana dalam Mencapai Keberhasilan Tujuan Pendidikan. J. BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inov. Pendidikan) 5, 93–103 (2023).
19. Bafadhol, I. LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. 06, (2017).
20. Afida, I. Historitas Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. FALASIFA J. Stud. Keislam. 9, 17–34 (2018).
21. Abdul Majid & Dian Andayani. (2015). Manajemen Peserta Didik di Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media.
22. Al-Qur'an, QS. Al-Mujadilah: 11.
23. Hadits Riwayat Ahmad.