Kepemimpinan Pendidikan Islam di SMP IT Boarding School Assakinah

Main Article Content

Sinta Puspita
Wahyuni Hidayat
Adi Rosadi

Abstract

Lembaga pendidikan Islam merupakan tempat yang mengatur segala kegiatan pendidikan Islam. Di dalamnya terdapat individu-individu yang membentuk sebuah kelompok. Dalam setiap kelompok pasti ada sosok yang paling mencolok dan mampu memengaruhi yang lain, yang dikenal sebagai pemimpin. Pemimpin ini bertanggung jawab dalam mengarahkan dan mengorganisir kegiatan di dalam kelompok. Kepemimpinan dalam lembaga pendidikan sangat penting untuk kelangsungan dan keberhasilan lembaga tersebut. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan secara langsung dari lapangan dan dianalisis secara mendetail untuk memahami fenomena yang diteliti secara menyeluruh. Metode deskriptif digunakan untuk menginvestigasi situasi kelompok manusia, subjek khusus, kondisi tertentu, sistem pemikiran, atau kategori peristiwa saat ini. Tujuannya adalah memberikan penjelasan sistematis dan gambaran akurat tentang fenomena yang diselidiki serta menjelajahi korelasi antara fenomena tersebut. Lokasi penelitian adalah di SMP IT Boarding School Assakinah. Hasil penelitian ini yaitu kepemimpinan di SMP IT Boarding School Assakinah menekankan pengaruh, arahan, dan inspirasi dari pemimpin untuk mencapai tujuan pendidikan Islam dengan jiwa kepemimpinan yang kuat, disiplin, dan menjadi teladan. Tugas utama meliputi pengembangan integritas, perencanaan pendidikan, pengelolaan sumber daya, serta bimbingan dan evaluasi kinerja. Pemimpin menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung serta mengatasi tantangan seperti kompleksitas tugas dan keterbatasan sumber daya dengan meningkatkan disiplin waktu, pembinaan sikap, penegakan aturan, dan pelatihan manajemen waktu. Secara keseluruhan, kepemimpinan di sekolah ini mengutamakan nilai-nilai etika dan moral, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan produktif.

Article Details

How to Cite
Puspita, S., Hidayat, W., & Rosadi, A. (2024). Kepemimpinan Pendidikan Islam di SMP IT Boarding School Assakinah. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 77-85. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/8124
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.