Administrasi Pendidikan Islam di SMP IT Al-Muthi’in
Main Article Content
Abstract
Pendidikan Islam memainkan peran penting dalam memberikan pendidikan berkualitas yang mencakup nilai-nilai agama kepada generasi muda. Namun, dalam menghadapi dinamika zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks, tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di sekolah tersebut menjadi semakin mendesak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, Hasil penelitian menunjukkanSMP IT Al-Muthi'in, menghadapi berbagai tantangan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Tantangan ini dapat bersifat internal, berkaitan dengan struktur dan proses di dalam sekolah, atau eksternal, terkait dengan faktor di luar kendali sekolah. Sehingga administrasi harus mampu mendukung visi dan misi sekolah melalui struktur organisasi yang jelas, kepemimpinan yang kuat, dan komunikasi yang efektif. Hal ini memastikan bahwa sekolah dapat memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang sejalan dengan prinsip-prinsip Islam.
Article Details
References
Azis, R. (2016). Pengantar Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Sibuku.
Hidayat, W., Jahari, J., & Shyfa, C. N. (2020). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran di madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308-317.
Fajar, K. (2016). Implementasi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 12 (A) Tentang Hak Siswa di Setiap Satuan Pendidikan untuk Mendapatkan Pendidikan Agama Sesuai Agama Siswa dan Diajarkan oleh Pendidik Yang Seagama Bagi Siswa Muslim Di SMA Yos Sudarso Sokaraja (Doctoral dissertation, IAIN).
IGA, R. S. (2023). UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN LEGO DI TK WIYATA BHAKTI KECAMATAN HULU SUNGKAI KABUPATEN LAMPUNG UTARA (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Nahari, H. L. (2019). Implementation of PSAK No. 105 on Mudharabah Financing in Baitul Maal wat tamwil KSSPS BMT AL Muthiin.
Nurkhasanah, N., Sofyan, A., & Asy’ari, H. (2017, October). Evaluating Equal Education Certification for Indonesian are Not Finish Formal Education by Using CIPP Model. In International Conference on Education in Muslim Society (ICEMS 2017) (pp. 6-10). Atlantis Press.
Rusmardiana, A., Sjuchro, D. W., Yanti, D., Daryanti, F., & Iskandar, A. (2022). Students' Perception on the Use of Kahoot as a Learning Media. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2205-2212.