Manajemen Pendidikan Islam: Manajemen Hubungan Pesantren Al-Ma’tuq dengan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan
Main Article Content
Abstract
Pondok pesantren adalah institusi pendidikan yang berasal dari Indonesia, yang memiliki karakteristik unik dan menarik. Pondok pesantren diakui memiliki keunggulan, baik dalam keilmuannya yang dihargai sebagai salah satu yang agung, maupun dalam penanaman dan penerimaan moralitas. Selain itu, pondok pesantren juga dapat berperan secara efektif dalam pemberdayaan dan transformasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses manajemen hubungan masyarakat yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Ma’tuq Kabupaten Sukabumi, dari perencanaan hingga evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, berfokus pada pemahaman interpretatif dan konstruktif terhadap realitas yang kompleks dan dinamis.
Article Details
References
Durahman, A. K. (2020). Islamic Education Manajemen. Jurnal Islamic Education Manajemen.
Farikhah, S. (2015). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan. Aswaja Pressindo.
Finawati. (2022). IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS DI PONDOK PESANTREN ANNASYI’IN PAMEKASAN. Ar-Rosikhun.
Mutmainah, S. (2019). INTERAKSI SOSIAL PONDOK PESANTREN AL HIKMAH DENGAN MASYARAKAT.
Purnamasari, L. (2010). PERANAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGGERAKKAN PARTISIPASI SANTRI UNTUK PEMBANGUNAN MASYARAKAT.
Rahman Arifin, R. (2022). MANAJEMEN HUMAS DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM TULANG BAWANG BARAT.
Rosyid, M. Z. (2020). Pesantren dan Pengelolaannya. Duta Creative.
Sadali. (2020). EKSISTENSI PESANTREN SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Atta’dib.