Peran Mindfulness Trait terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Main Article Content

Syifa Dwi Hayati Putri
Septi Gumiandari

Abstract

Remaja sangat memerlukan dukungan dari orang tua untuk mampu menghadapi tantangan hidup, sehingga remaja harus memiliki resiliensi yang tinggi. Berbeda dengan kenyataanya, bahwa masih banyak remaja yang memiliki resiliensi yang rendah, untuk meningkatkan resiliensi remaja harus belajar untuk merima dirinya, mindfulness membawa ke kondisi dengan rasa penerimaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat pemahaman mindfulness trait (2) pengaruh mindfulness trait  terhadap resiliensi akademik (3) hubungan antara mindfulness trait dengan resiliensi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang diaplikasikan dalam penelitian ini yaitu dengan kuesioner berjumlah 14 pertanyaan yang diberikan kepada 31 responden. Hasil penelitian ini menggungkapkan bahwa Tingkat pemahaman mindfulness trait pada mahasiswa pendidikan bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon tinggi, dengan kategori antara lain : (1) Attention, peka terhadap suatu hal. (2) Present-focus, karakteristik pikiran yang berubah-ubah. (3) Awareness, memperhatikan perubahan yang terjadi pada pikiran (4) Acceptance, keadaan terbuka terhadap pengalaman. Maka mindfulness trait mempunyai pengaruh terhadap resiliensi akademik, dengan kategori antara lain : (1) Perseverance, memiliki kegigihan dalam menghadapi kesulitan. (2) Reflecting and adaptive help-seeking, individu yang mampu merefleksikan kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya. (3) Negative affect and emotional response, pengaruh negative dan respon emosional. Karena semakin tingginya tingkat mindfulness trait maka semakin tinggi juga tingkat resiliensi akademik, maka dapat dikatakan mindfulness trait memiliki hubungan terhadap resiliensi akademik.

Article Details

How to Cite
Putri, S. D. H., & Gumiandari, S. (2024). Peran Mindfulness Trait terhadap Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 111-126. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/8169
Section
Articles

References

Afiffatunnisa, N., & Sundari, R. (2021). Hubungan trait mindfulness dan resiliensi dengan psychological well-being pada single mother di komunitas Save Janda. Seminar Nasional, April, 52–64.
Agustian, I., Saputra, H. E., & Imanda, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Manajamen Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Di Pt. Jasaraharja Putra Cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 6(1), 42–60.
Aini, D. K. (2020). Positive Attachment , Mindfulness dan Resiliensi Remaja di Era Tatanan Baru. Jurnal Prosiding Berkala Psikologi, 2(1), 210–225.
Aniatul, U. (2021). Hubungan Antara Mindfulness Trait Dan Positive Reappaisal Coping Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Autis. Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang, 1(2), 1–19.
Djollong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantitative Research). Istiqra’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100.
Farial, F., Handayani, E. S., & Heiriyah, A. (2022). Efektifitas Psikoedukasi Mindfulness Berbasis Singkat Untuk Meningkatkan Resiliensi Terhadap Remaja di Panti Asuhan Putri Aisyah Banjarmasin. Jurnal Neo Konseling, 4(1), 26–31.
Gidion. (2015). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Jurnal Rake Sarasin, 3(2), 36–40.
Irianto, M. A., Rahman, F., & Abdillah, H. Z. (2021). Konsep Diri Sebagai Prediktor Resiliensi Pada Mahasiswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 11-24.
Islamiyah, A., Sismawati, M., & Kaaloeti, D. V. S. (2020). Pengaruh psikoedukasi mindfulness singkat pada kemampuan regulasi emosi mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 89-98.
Istiqomah, S., & Salma, S. (2020). Hubungan Antara Mindfullness Dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Baru Yang Tinggal Di Pondok Pesantren X, Y, Dan Z. Jurnal EMPATI, 8(4), 781–786.
Listiyandini, R. A., Fourianalistyawati, E., & Akmal, S. Z. (2018). Hubungan antara Trait Mindfulness ( Rasa Kesadaran ) dengan Kekuatan Hubungan antara Trait Mindfulness ( Rasa Kesadaran ) dengan Kekuatan Karakter pada Mahasiswa. Jurnal Nasional Dan Temu Ilmiah Positive Psikologi, 1(3), 152–163.
Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen Dan Wirausaha, 4(2), 123–136.
Nisa, M. K. (2016). Studi Tentang Daya Tangguh ( Resiliensi ) Anak Di Panti Asuhan Sidoarjo A Study Of Children Resilience In Sidoarjo Orphanages. Jurnal Fkip, 6(3), 40–45.
Purwanti, W., & Aulia, L. A.-A. (2017). Perbedaan resiliensi antara remaja yang hidup dalam keluarga lengkap, keluarga single parent, dan remaja yang hidup di panti asuhan. Jurnal Psikologi, 4(2), 62–70.
Retty Fauzia, R. A. L. (2018). Peran Trait Mindfulness (Rasa Kesadaran) Terhadap Penerimaan Diri pada Remaja dengan Orangtua Bercerai serta Tinjauannya dalam Islam. Jurnal Universita YARSI, 2(2), 152–163.
Sari, W. F., & Munawaroh, E. (2022). Pengaruh Mindfulness Terhadap Resiliensi Pada Siswa Remaja SMP. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 7(2), 1–10.
Satrianta, H., Rufaidah, A., Nisa, A., Dachmiati, S., & Artikel, S. (2021). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Resiliensi Akademik Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(12), 33–43.
Styles, H. (2021). Mindfulness, Self-Compassion. Jurnal Ilmu Perilku Sosial, 5(2), 39–56.
Supriyadi, S., & Kartini, M. (2022). Intervensi untuk Meningkatkan Resiliensi pada Remaja. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 8(1), 16–25.
Sutisna, I. (2020). Statistika Penelitian: Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15.
Waskito, P., Loekmono, J. T. L., & Dwikurnaningsih, Y. (2018). Hubungan Antara Mindfulness dengan Kepuasan Hidup Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 99–107.
Wibowo, U. F. (2018). Resiliensi akademik mahasiswa yang sedang menempuh skripsi. Jurnal Ilmiah Psikologu Terapan, 2(1), 1–29.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.