Manajemen Strategi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan globalisasi

Main Article Content

Nessya Aenur Zammil
Ridhwanllah Husain Al-Fawaz

Abstract

Manajemen strategik pendidikan islam dipelukan dalam menghadapi tantangan globalisasi saat ini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajemen strategik pendidikan islam dalam menghadapi tantangan globalisasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi, dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa manajemen strategi melibatkan proses seni dan ilmu dalam merencanakan, menerapkan, serta menilai kegiatan lintas fungsi yang memungkinkan suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuannya dengan menciptakan keunggulan yang memungkinkan mereka unggul dalam persaingan global sebagai pemenang. Pendidikan Islam sebagai lembaga pendidikan mempunyai strategi khusus dalam proses pengaplikasiannya untuk menjadikan sumber daya manusia yang berguna bagi nusa, bangsa, dan berkhlakul karimah. Pondok Pesantren MA Yaspida Sukabumi sebagai salah satu pondok pesantren ternama, turut berkontribusi dalam mengembangkan dan memperluas wawasan para santrinya. Perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai selama ini, tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi aktif dari para guru, staf, pengasuh dan pihak terkait lainnya. Dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran, Pondok Pesantren MA Yaspida Sukabumi melalui beberapa program seperti pengembangan laboratorium dan perpustakaan, serta mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk memperluas keterampilan dan bakat para santri.

Article Details

How to Cite
Zammil, N. A., & Al-Fawaz, R. H. (2024). Manajemen Strategi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan globalisasi. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 133-144. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/8173
Section
Articles

References

Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86
Ismail. 2018. Manajemen Perbankan Dari Teori Menuju Aplikasi. Jakarta : Kencana.
Sinambela, L. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia:Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jurnal Populis. Hunger dan Wheelen, Manajemen Strategis. 6.
David, Fred. R. 2016. Manajemen Strategik, Alih Bahasa Alexander Sindoro, Prehallindo, Jakarta. Ahmad Zainuri,Yusron Masduk, 2020, Mensinergikan Strategi Manajemen Dalam Dunia Pendidikan, Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.
Maisah. 2016. “Dampak Psikologis Korban Kekerasan Dalam Rumah , Tangga di Kota Jambi”. Esensia Vol. 17 No. 2. Jambi.
Ully Muzakir. (2013). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi. Visipena Journal. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i2.218
Indrayani, E. (2011). Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK ). Jurnal Penelitian Pendidikan.
Bawono, I. R. (2003). Manajemen Strategik Sektor Publik : Langkah Tepat Menuju Good Governance. Jurnal Fakultas Ekonomi UNSOED Purwokerto.
Atabik Ali, Ahmad Zuhdi Muhdlor, Kamus Kontemporer Arab-Indonesia (Yogyakarta: Yayasan Ali Maksum PP. Krapyak, 1999), hal. 64. Qur’an Kemenag, Qs. Al Rum, ayat: 39.
Ibnu Mandzur, Lisan al Arab (Bairut: Dar al ahya’, tt), hal. 94-96, Jilid V Abdurrahman Al Nahlawi, Ushulu al Tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuha, Darul fikr Damsyik, hal.32.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia 2002), hal. 3.
Imam Qori. Analisis Implementasi Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren. Management and Business Review. 3(2) 2019, 83‐94.
Hadari Nawawi. Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustri di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012, 149.
Maisah. Manajemen Strategik Perspektik Pendidikan Agama Islam. Jambi: Salim Media Indonesia, 2016, 6.
Makki, Epistemologi Pendidikan Islam: Memutus Dominasi Barat terhadap Pendidikan Islam, Al-Musannif 1 (2) 2019, 123.
Mahfud, Mengenal Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Dalam Pendidikan Islam, Cendikia: Jurnal Studi Keislaman, 4 (1) 2018, 95.
Tim Penyusun. (1999). KAmus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Al-Syaibany, O.M. (1979). Falsafah Pendidikan Islam, alih Bahasa: Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang.
Suharto, M.T. (2005). Rekonstruksi dan Modernisasi Lembaga Pendidikan.
Yogyakarta: Global Utama Pustaka.
Muhamin, & Mujib, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung : Trigenda Karya.
An-Nahlawi, A. (1989). Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam Dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat, Terj. Herry Noer Ali. Bandung: Diponegoro.
Mulkhan, A. M. (2004). Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, Buah Pikiran Seputar Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya. Yogyakarta : Presma UIN Yogyakarta. http://id.wikipedia. org/wiki/globalisasi, diunduh Rabu, tanggal 4 Februarin 2014, Jam 15.30 WIB.
Tim Penyusun, Pengantar Studi Islam, (Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2009), hlm. 233 A. Qodri Azizy, Melawan Globalisasi: Interpresi Agama Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003), hlm.22.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.