Implementasi Manajemen Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Sukalarang Sukabumi

Main Article Content

Aceng Supyan
Fazriansyah Nurohman
Rio Pratama
Adi Rosadi

Abstract

Manajemen pendidikan islam merupakan seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan islam secara efektif dan efisien. Berbicara masalah manajemen tentunya tidak bisa lepas dari konsep dan fungsi manajemen. Konsep manajemen pendidikan islam meliputi pemahaman tentang ajaran Islam sebagai dasar pendidikan. Sedangkan pandangan para ahli menyimpulkan bahwa Konsep manajemen pendidikan Islam menurut perspektif al-Qur’an, yaitu: fleksibel, efektif, effisien, terbuka, cooperative dan partisipatif. Fungsi manajemen ialah untuk memastikan kelancaran lembaga pendidikan Islam dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Metode deskriptif digunakan untuk menginvestigasi situasi kelompok manusia, subjek khusus, kondisi tertentu, sistem pemikiran, atau kategori peristiwa saat ini. Tujuannya adalah memberikan penjelasan sistematis dan gambaran akurat tentang fenomena yang diselidiki serta menjelajahi korelasi antara fenomena tersebut. Sedangkan metode analisis digunakan dalam memvalidasi data dan informasi yang diperoleh. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan para guru MA Darul Ihsan. Hasil penelitian ini yaitu berupa simpulan-simpulan substansi dari manajemen pendidikan islam yang diterapkan dan dijalankan oleh MA Darul Ihsan. Terdapat beberapa manajemen yang dijalankan, yaitu: Manajemen kurikulum, manajemen personalia, manajemen kelas, manajemen kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan, manajemen partisipasi masyarakat dan manjemen kepemimpinan kepala sekolah. 

Article Details

How to Cite
Supyan, A., Nurohman, F., Pratama, R., & Rosadi, A. (2024). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Sukalarang Sukabumi. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 145-157. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/8175
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.