Manajemen Pendidikan Islam: Manajemen Pengelolaan Pesantren Raiyyaduttolibin
Main Article Content
Abstract
Dalam ajaran islam, segala hal apapun tidak boleh dilakukan secara semena-mena tanpa adanya suatu aturan melainkan harus rapi, jelas, teratur dan juga tertib, maka diberlakukanlah sistem manajemen dalam pengelolaan pondok pesantren. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan cara mewawancarai seorang pengelola pondok pesantren Riyyaduttolibhin. Manajemen pesantren diartikan sebagai sarana yang bertugas untuk mengatur atau mengelola pondok pesantren agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan sebelumnya. Tantangan utama dalam mengelola Pondok Pesantren Riyyaduttolibin adalah sulitnya melarang para santri untuk tidak keluar malam lebih dari jam 22.00. Cara mengevaluasi santri yang melanggar peraturan pondok, contohnya santri yang suka keluar siang dan malam lebih dari jam 22.00, yaitu dengan seringnya berkomunikasi dengan warga sekitar. Kemudian diadakanlah perkumpulan musyawarah antara masyarakat dan pengelola pondok setiap hari Minggu. Dalam pembelajaran di pondok pesantren ini tidak terlalu dipergunakan yang namanya teknologi, karena seringnya pembelajaran secara langsung ataupun tatap muka, terkecuali pada waktu tertentu.
Article Details
How to Cite
Oktaviani, R., & Abdurahman, M. H. (2024). Manajemen Pendidikan Islam: Manajemen Pengelolaan Pesantren Raiyyaduttolibin. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 158-166. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/8176
Section
Articles
References
Al Asyari, A. H. (2022). Tantangan Sistem Pendidikan Pesantren di Era Modern. Risalatuna: Journal of Pesantren Studies, 2(1), 127. https://doi.org/10.54471/rjps.v2i1.1572
Abidin, Z. (2020). Education Management Of Pesantren In Digital Era 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Aminudin, R. (2020). Manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah di SDIT Hidayaturrahman. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Aprilia, W., Fatonah, S., & Fanani, S. A. (2021). Analisis Elemen-Elemen Kebijakan Pengembangan Madrasah Diniyah Di Pondok Pesantren Jember. At-Ta’lim, 20(2), 273–287. https://doi.org/10.29300/atmipi.v20.i2.8351
Daulay, H. P. (2001). Historisitas dan eksistensi pesantren sekolah dan madrasah. Tiara Wacana.
Hair, M. A. (2017). MANAJEMEN PEMBAHARUAN DI TENGAH TANTANGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT GLOBAL. Lembaran Roszdravnadzora, 4(1), 9–15.
Harweli, D., Aprison, W., Djambek Bukittinggi, D., Paninjauan No, J., Muto, L., Mandiangin Koto Selayan, K., Bukittinggi, K., & Barat, S. (2024). Pesantren: Problematika dan Solusi Pengembangannya. Journal on Education, 06(02), 12058–12068.
George F, Madaus; Michael S, Sriven; Daniel L, Stufflebeam;. (1983). Evaluation Models ; View Point on Educational and Human Services Educations. Boston: Kluwer-Nijhoff .
Manullang, M. (1982). DASAR-DASAR MANAJEMEN. Ghalia Indonesia.
Muchasan, A., Syam, N., & Humaidi, A. (2024). Use of Technology in Islamic Boarding Schools (Impact and Solutions in Educational Context. 4(1), 1–23.
MU YAPPI. (2008). Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren.
Rasyid, B. Al, Syahril, S., & Yanti, D. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN SANTRI DI DARUL QUR ’ AN AT -TIBYAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL. 02(04), 1208–1217.
Suryana, A. T. (2020). PENGELOLAAN KEUANGAN PESANTREN Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung , Indonesia. Jurnal Ilmu-Ilmu Agama AIssn, Online AIssn, Print, 2(2), 1–8.
Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–56.
Abidin, Z. (2020). Education Management Of Pesantren In Digital Era 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Aminudin, R. (2020). Manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah di SDIT Hidayaturrahman. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Aprilia, W., Fatonah, S., & Fanani, S. A. (2021). Analisis Elemen-Elemen Kebijakan Pengembangan Madrasah Diniyah Di Pondok Pesantren Jember. At-Ta’lim, 20(2), 273–287. https://doi.org/10.29300/atmipi.v20.i2.8351
Daulay, H. P. (2001). Historisitas dan eksistensi pesantren sekolah dan madrasah. Tiara Wacana.
Hair, M. A. (2017). MANAJEMEN PEMBAHARUAN DI TENGAH TANTANGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT GLOBAL. Lembaran Roszdravnadzora, 4(1), 9–15.
Harweli, D., Aprison, W., Djambek Bukittinggi, D., Paninjauan No, J., Muto, L., Mandiangin Koto Selayan, K., Bukittinggi, K., & Barat, S. (2024). Pesantren: Problematika dan Solusi Pengembangannya. Journal on Education, 06(02), 12058–12068.
George F, Madaus; Michael S, Sriven; Daniel L, Stufflebeam;. (1983). Evaluation Models ; View Point on Educational and Human Services Educations. Boston: Kluwer-Nijhoff .
Manullang, M. (1982). DASAR-DASAR MANAJEMEN. Ghalia Indonesia.
Muchasan, A., Syam, N., & Humaidi, A. (2024). Use of Technology in Islamic Boarding Schools (Impact and Solutions in Educational Context. 4(1), 1–23.
MU YAPPI. (2008). Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren.
Rasyid, B. Al, Syahril, S., & Yanti, D. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN SANTRI DI DARUL QUR ’ AN AT -TIBYAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL. 02(04), 1208–1217.
Suryana, A. T. (2020). PENGELOLAAN KEUANGAN PESANTREN Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung , Indonesia. Jurnal Ilmu-Ilmu Agama AIssn, Online AIssn, Print, 2(2), 1–8.
Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–56.