implementasi, pendidikan islam, dimensi kehidupan, masyarakat
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menganalisis implementasi pendidikan islam dalam kehidupan masyrakat Desa Cibodas. Desa ini menunjukan bagaimana pendidikan islam dapat diintegrasikan secara efektif dalam kehidupan sehari-hari melalui pendidikan formal dan non-formal. Pendidikan formal mencakup sekolah sekolah yang mengajarkan mata pelajaran agama islam, sementara pendidikan non-formal melibatkan pengajian, majelis taklim, dan kegiatan keagamaan di masjid dan mushola. Peran keluarga sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai islam sejak dini, dengan orang tua aktif mengajarkan anak-anak mereka ajaran agama. Institusi keagamaan seperti masjid dan mushola menjadi pusat pendidikan agama, di mana ulama dan tokoh agama memebrikan bimbingan yang memperkuat pemahaman dan pengalaman ajaran islam. Implementasi pendidikan islam di Desa Cibodas menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan fasilitas dan sumber daya manusia, serta perubahan sosial yang cepat. Namun, kerjasama antara pemerintah, lembaga pendidikan, tokoh agama, dan msyarakat dapat membantu mengatasi tantangan tersebut dan meningkatkan kualitas pendidikan islam. Secara keseluruhan, implementasi pendidikan islam di Desa Cibodas berjalan dengan baik dan telah berhasil menanamkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan islam di desa ini telah menjadi bagian integral dari budaya dan tradisi, membentuk individu yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.
Article Details
References
Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38.
Aliyah, A., Erihadiana, M., & Muhibinsyah, M. (2023). Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 10(2), 120–129. https://doi.org/10.31102/alulum.10.2.2023.120-129
Bahri, S. (2020). Filsafat Pendidikan. In Istiqra’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam (Issue July).
Bunyamin. (2021). Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah Menurut Prof. Dr. Zakiyah Daradjat. Uhamka, 12(1), 32.
Chailani, M. I. (2019). Pemikiran Harun Nasution tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan di Era Modern. Manazhim, 1(2), 45–60. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i2.207
Fahturrahman, M. (2016). Faktor Birokrasi Dalam Keberhasilan. Jurnal TARBAWI, 2(02), 14–27.
Hardiati, Hamdie, A. N., & Junaidy. (2019). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN PUBLIK DALAM PENATAAN PASAR TRADISIONAL (Studi Kasus Pada Pasar Sungai Danau Raya di Kabupaten Tanah Bumbu). Concept and Communication, null(23), 301–316.
Hidayati, D. W., Rahmayanti, I., & Nusivera, E. (2022). Kritik Hamka Terhadap Masalah Integrasi Sosial Budaya dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.22236/imajeri.v5i1.9290
Historis, K., Tradisional, D., & Kontemporer, M. (n.d.). Mohammad Asrari. 10(1).
Ishak, I. (2021). Karakteristik Pendidikan Agama Islam Pada Lembaga Pendidikan. FiTUA: Jurnal Studi Islam, 2(2), 52–63. https://doi.org/10.47625/fitua.v2i2.316
Ismatullah, A. (2023). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM DIMENSI KEHIDUPAN DI MASYARAKAT. 0(0).
Jumangin. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Agama Islam dengan Metode Keteladanan dan Metode Pembiasaan di MTs Negeri 1 Lampung Timur. 47.
Kurniawati, putri. (2017). No Titleالابتزاز الإلكتروني.. جرائم تتغذى على طفرة «التواصل ال. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.
Kusumawati, J. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Remaja Di Karawang. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 127–130. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2254
Mawangir, M. (2017). Ahmad Syafi’I Ma’Arif Dan Pemikirannya Tentang Pendidikan Islam. In Repository.Radenfatah.Ac.Id. http://repository.radenfatah.ac.id/21434/1/AHMAD SYAFI’I MA’ARIF DAN PEMIKIRANNYA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM.pdf
Menengah, S. (2024). Jurnal Pendidikan : Kajian dan Implementasi IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Jurnal Pendidikan : Kajian dan Implementasi. 6(1), 178–196.
Muhayana, M. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Melalui Manajemen Madrasah. Al-Rabwah, 16(02), 64–75. https://doi.org/10.55799/jalr.v16i02.193
Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 1–13. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah.https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292
Permana, G. (2023). Implementasi Konsep Kurikulum Merdeka dan Perangkat Pembelajaran Terbuka dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Peserta Didik. Conference of Elementary School, 292–301.
Ramadan, F., & Imam Tabroni. (2020). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Lebah, 13(2), 66–69. https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.63
Romi Satria Wahono. (2016). Literature Review: Pengantar dan Metode. Http://Romisatriawahono.Net/, 1–7. http://romisatriawahono.net/2016/05/07/literature-review-pengantar-dan-metode/
Unique, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. 15(0), 1–23.
Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–4. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Yusri, A. Z. dan D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Zahro, F. (2021). Partisipasi masyarakat,pengembangan, pendidikan Islam. Al-Ulum Jurnal Pendidikan Dan Kajian Islam, 1(1), 14.
Zidansyafiq, M. (2023). Islam Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Modern Abad-21.