Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Prilaku Peduli Lingkungan Kelas V di MI An-Nazwa

Main Article Content

Rida Farida
Siti Ulfa
Anisa Lutviani
winda fatmasari s
Ismatullah Mahdi
Komarudin Komarudin
Mahfudz Mahfudz

Abstract

 


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat peneliti untuk mengeksplorasi sejauh mana Program Adiwiyata mempengaruhi perilaku peduli lingkungan siswa di MI An-Nazwa Parungkuda. Program Adiwiyata bertujuan untuk mengatasi dan mencegah penumpukan sampah serta menciptakan lingkungan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dengan mendidik siswa sejak dini tentang pentingnya menjaga kebersihan. Kepedulian terhadap lingkungan merupakan salah satu nilai karakter yang dikembangkan di sekolah sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional. Namun, pembentukan karakter siswa memerlukan waktu dan proses. Menurut Lickona, pembentukan karakter melibatkan pemahaman tentang kebaikan, komitmen untuk melakukannya, dan akhirnya, perilaku yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh Program Sekolah Adiwiyata terhadap perilaku peduli lingkungan siswa di MI An-Nazwa Parungkuda. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling acak sederhana, dan ukuran sampel dihitung menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Sekolah Adiwiyata memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku peduli lingkungan siswa.

Article Details

How to Cite
Farida, R., Ulfa, S., Lutviani, A., s, winda fatmasari, Mahdi, I., Komarudin, K., & Mahfudz, M. (2024). Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Prilaku Peduli Lingkungan Kelas V di MI An-Nazwa. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 192-197. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Al-Mirah/article/view/8285
Section
Articles

References

Absori, S. and Hum, M. (no date) ‘Deklarasi Pembangunan Berkelanjutan Dan Implikasinya Di Indonesia’, Publikasiilmiah.Ums.Ac.Id, pp. 39–52. Available at: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/729.

Aliyah, A., Nuryadin, B.W. and Ramdhani, M.A. (2023) ‘Analisis Perspektif Peserta Didik terhadap Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar’, JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), pp. 1402–1406. Available at: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1607.

Azizah, N.P.N. and Amalia, N. (2023) ‘Kegiatan Adiwiyata Sebagai Sarana Penanaman Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar’, Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), pp. 46–63. Available at: https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8422.

Indahri, Y. (2020) ‘Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Program Adiwiyata ( Studi di Kota Surabaya ) Environmental Education Development through Adiwiyata Program ( Study in Surabaya City ) Pendahuluan pelaksanaan Program Adiwiyata di Kota Sejarah Pendidikan Lin’, Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(2), pp. 122–134. Available at: https://doi.org/10.22212/aspirasi.v11i2.1742.

Subianto, B. and Ramadan, Z.H. (2021) ‘Analisis Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(4), pp. 1683–1689. Available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu%0AAnalisis.

Win, M. (2023) ‘20895-Article Text-68774-1-10-20231122’, 6, pp. 1965–1976.

Nursyifa, A. M., Agustiani, I. N., & Hidayat, T. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Pengemasan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Sari Ater Hot Springs Subang. Manajemen dan Pariwisata, 1(1), 46-65.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.