Efektifitas Penggunaan Absensi Finger Print dalam Mendisiplinkan Guru di MI KOMPA Parungkuda Kabupaten Sukabumi
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas penggunaan sistem absensi dengan teknologi fingerprint dalam mendisiplinkan guru di MI KOMPA Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan model kepustakaan, penelitian ini menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan dengan tema, menggunakan aplikasi Mendeley untuk mengelola referensi. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan fingerprint meningkatkan produktivitas dan disiplin kerja guru, serta memudahkan proses administrasi absensi dengan efisiensi yang lebih baik. Meskipun demikian, alat ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti kesulitan dalam identifikasi akurat saat sidik jari kotor atau basah. Implementasi fingerprint di MI KOMPA dianggap berhasil dalam meningkatkan kehadiran dan disiplin guru, mengurangi keterlambatan, dan memberikan kejelasan data absensi yang akurat kepada pihak manajemen. Kesimpulannya, teknologi fingerprint dapat menjadi solusi efektif dalam manajemen kehadiran dan disiplin kerja guru di institusi pendidikan.
Article Details
References
Belen Keban, Y. (2022). Pendidikan Karakter, Teknologi Informasi, era society 5.0 56. Jurnal Reinha, 13(1), 56–67.
Damopolii, M., Hasan, M., Universitas, P., Negeri, I., & Makassar, A. (2024). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINGERPRINT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN GURU. 9(1), 1–11.
Effendi, R., & Warlizasusi, J. (2022). Meningkatkan Kedisiplinan Guru Smk It Khoiru Ummah Rejang Lebong Dengan Program Finger Print “Renkehatu.” Jurnal Literasiologi, 7(3), 69–76. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i3.317
Elianur, C. (2018). Pengaruh Absensi Finger Print Terhadap Kinerja Guru Pai Tersertifikasi Di Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 2(3), 71–79. https://doi.org/10.37249/as-salam.v2i3.101
Fiiazah, I., Safitri, F. O., & Herzegovina, R. N. L. (2021). Penggunaan Fingerprint untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Siswa. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 110–121. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.9
Hayat, B., & Yusuf, S. (n.d.). Bahrul Hayat, Suhendra Yusuf,. 1–19.
Pary, H. J. A., & Jaali, L. (2022). Efektivitas Penerapan Finger Print dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Pegawai di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Ambon. Hipotesa, 16(1), 69–88. https://e-jurnal.stiaalazka.ac.id/index.php/ojs-hipotesa/article/view/56
Penelitian, A. K. (n.d.). Badrudin, Manajemen peserta didik , (Jakarta Barat: PT Indeks, 2014), 1. 1. 1–11.
Penerapan, E., Finger, A., Dalam, P., Pranowo, W., Hukum, F., & Riau, U. I. (2020). Efektifitas penerapan absensi finger print dalam mendisiplinkan pegawai di sma negeri 11 pekanbaru.
Putra, T. W. A., & Madjid, U. (2020). Efektivitas Fingerprint Dalam Meningkatkan Disiplin Pegawai Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 7(1), 17–28. https://doi.org/10.33701/jmsda.v7i1.1138
Rahmawati, S. R., & Purwadhi. (2020). Pengaruh Efektivitas Penerapan Absensi Fingerprint dan Insentif Terhadap Disiplin Pegawai FPOK UPI. Jurnal Manajemen Jasa, Volume 2(1), 31–41. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsj/article/view/238
Rohati, E., Oktafia, R., & Istikomah, I. (2020). Application of the Fingerprint System as a Discipline Control Tool for Educators and Education Personnel. Proceedings of The ICECRS, 5, 1–7. https://doi.org/10.21070/icecrs2020402
Syafrial, H. (2024). 4581-4590. 4, 4581–4590.
Uray Ferry Haryanto. (2023). Pengaruh Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Kedisiplinan Guru Di SDIT As-Sakinah Tanjungpinang. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(1), 250–260. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.2087