Pengaruh Penerapan Metode Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah

Main Article Content

Gesti Agisna
Elpa Fitriana
Muhamad Faiz
Siti Robiah Hazan
Asep Saepul Rohcman

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah. Metode ini memiliki dampak yang besar terhadap semangat belajar siswa kelas IV. Dengan menggunakan motode kepustakaan, penelitian ini menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan dengan tema, menggunakan aplikasi mendeley untuk mengelola referensi. Metode ini bisa membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir, berinteraksi dengan lingkungan dan melatih keterampilan psikomotorik melalui pendekatan berbasis proyek. Meskipun demikian, metode ini memiliki kekurangan, seperti membutuhkan waktu dan biaya lebih banyak. Namun, kekurangan ini dapat diatasi melalui manajemen waktu yang baik dan persiapan fasilitas yang sesuai. Hasil penelitian menunjukan bahwa PjBL dapat menumbuhkan hasil belajar siswa dan kreativitas dalam memahami pelajaran IPA. Maka dari itu, PjBL merupakan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam menumbuhkan semangat belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah.

Article Details

How to Cite
Agisna, G., Fitriana, E., Faiz, M., Hazan, S. R., & Rohcman, A. S. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 204-209. https://doi.org/10.33487/al-mirah.v6i2.8297
Section
Articles

References

2023, L. (2023). No Titleการบริหารจัดการการบริการที่มีคุณภาพใน โรงพยาบาลสังกัดกระทรวงสาธารณสุข. วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4(1), 88–100.
Amalia, M., Pratama, M. V., Pratiwi, N. A., & Fujiarti, A. (2024). Pengaruh Media Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 39–47. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.689
Arifianti, U., Islam, S. D., & Firdaus, A. (2020). Project Based Learning dalam Pembelajaran IPA. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3),2079–2082. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Dede Kusnandar. (2019). p-ISSN: 2685-0397 e-ISSN: 2685-6387. Madrascience, 1, 17–30.
Fitri, H., Junindra, A., Desyandri, & Mayar, F. (2022). Analisis Pembelajaran SBdP menggunakan Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11082–11088.
Haile G, A. M. and E. A. (2023). No Titleการบริหารจัดการการบริการที่มีคุณภาพใน โรงพยาบาลสังกัดกระทรวงสาธารณสุข. วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4(1), 88–100.
Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di madrasah ibtidaiyah. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 700. https://doi.org/10.29210/1202323151
Konsep, K., & Implementasinya, D. A. N. (2016). Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X PEMBERDAYAAN KOMITE SEKOLAH : Jurnal SAP Vol . 1 No . 2 Desember 2016 ISSN : 2527-967X. 1(2), 125–134.
Maesaroh, S. (2022). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PENDAHULUAN Pelajaran agama Islam adalah salah satu upaya yang dilakukan pendidikan di sekolah agar peserta didik mampu memahami serta meyakini ajaran agama Islam . Siswa diharapkan dapat saling menghormati antara pem. Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 03(November).
Microbiology, P. (2023). This work is licensed under a Creative Commons Attribution- This work is licensed under a Creative Commons Attribution- ShareAlike 4 . 0 International License . Jurnal Multidisiplin Saintek, 45(1), 1–17.
Ovartadara, M., Firman, & Desyandri. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2667–2678. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.579
Pendidikan, J., Indonesia, S., Fauzan, M., Gani, A., Syukri, M., Aceh, D. B., & Banda, D. (2017). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Maaruf Fauzan : Penerapan Model Problem ....... | 27. 05(01), 27–35.
RAJAGUKGUK, S. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Sd. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.51878/elementary.v3i1.1945
Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 20. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31
Saragih, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Sosiologi. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(2), 96–105. https://doi.org/10.58432/algebra.v2i2.390
Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.