Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya peserta didik memahami secara mendalam tentang tata cara ibadah, sejarah keagamaan, dan nilai-nilai moral yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan pada penelitian ini yaitu; a. Bagaimana gambaran pemanfaatan metode demonstrasi. b. Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan metode demonstrasi di SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; a) pemanfaatan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang, b) peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan metode demonstrasi di SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan Teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan teknik analisis dimana hasil tes peserta didik melalui penskoran. Hasil dari penelitian ini bahwa, Peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendiidkan Agama Islam dengan menerapkan metode demonstrasi di Kelas V SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang dalam tes siklus I yang mencapai nilai 75-100 terdapat 12 peserta didik, sedangkan yang tidak lulus terdapat 9 peserta didik. Pada siklus I, kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal dan mencapai ketuntasan dengan presentase 57, 14%. % = 12/21 x 100% = 57, 14%. Sedangkan peserta didik yang tidak tuntas terdapat 9 peserta didik dengan presentase 42,85%. % = 9/21 x 100% = 42,85%. Selanjutnya, dalam tes siklus II terdapat 17 peserta didik lulus, dan tidak lulus terdapat 4 peserta didik. Pada siklus II, kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal dan mencapai ketuntasan dengan presentase 80,95%. Sedangkan peserta didik yang tidak tuntas terdapat 4 peserta didik dengan presentase 19,04%.
Article Details
References
Al-Rasyidin dan Samsul Nisar. 2005. Filsafat Pendidikan Islam (Cet. II; Jakarta: Ciputat Press)
DEPDIKNAS. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 2 pasal 3 (Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan Balitbang)
Dewi Salma Prawiradilaga. 2019. Prinsip Disain Pembelajaran (Jakarta: Kencana)
Ismail SM. 2018. Strategi Pembelajaran Agama Islam Bebasis Paikem (Semarang: RaSAIL Media Group)
Jalinus Nizwardi A. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran (Jakarta: Kencana)
Kementerian Agama RI. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung: Diponegoro)
Mardiah Kalsum Nasution. 2017. Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik, no. 1
Mukhlish. 2019. Pendidik dalam Perspektif Hadits Rasulullah Saw (Jurnal Sains Riset ISSN 2088-0952, Volume 9, Nomor 1)
Rahma, F. I. 2019. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar) (Jurnal Studi Islam Vol. 14, No. (2)
Sukring. 2013. Pendidik dan Peserta Didik dalam Pendidikan Islam (Yogyakarta: Graha Ilmu)
Tafonao. 2018. Peranan Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa (Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 111)
Undang-undang SISDIKNAS 2003 (UU RI No. 20 TH. 2003) (Jakarta: Smar Grafika
Prihma Sinta Utami, Abdul Gafur. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Peserta didik Terhadap Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri Di Kota Yogyakarta, dalam Jurnal Pendidikan IPS Volume 2, No 1
Yenni Oktavia. 2020. Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir dalam jurnal Asatiza, Vol 1, No2