Penerapan Model Pembelajaran Delikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap

Main Article Content

Rustiani Rustiani
Nirmalasari Wekke
Asri Asri

Abstract

perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 orang.Pelaksanaan tindakan dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes pada setiap akhir siklus dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan menggunakan persentase ketuntasan belajar untuk mengukur tingkat keberhasilan siswapada materi matematika.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa hasil belajarmatematika meningkat melalui penerapan model DELIKANpada siswakelas VII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe, yang dapat dilihat dari: (1) meningkatnya skor rata-rata hasil belajarmatematika siswa yaitu 70,60 pada siklus I menjadi 83,38 pada siklus II; (2) meningkatnya rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa yaitu 60 % pada siklus I menjadi 95% pada siklus II; (3) meningkatnya rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu 4,07 % pada siklus I menjadi 4,44% pada siklus II.

Article Details

How to Cite
Rustiani, R., Wekke, N., & Asri, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Delikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(2), 1-4. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/2144
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.