Penerapan Model Pembelajaran Delikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap
Main Article Content
Abstract
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 orang.Pelaksanaan tindakan dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes pada setiap akhir siklus dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan menggunakan persentase ketuntasan belajar untuk mengukur tingkat keberhasilan siswapada materi matematika.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa hasil belajarmatematika meningkat melalui penerapan model DELIKANpada siswakelas VII.2 SMP Negeri 1 Tellu Limpoe, yang dapat dilihat dari: (1) meningkatnya skor rata-rata hasil belajarmatematika siswa yaitu 70,60 pada siklus I menjadi 83,38 pada siklus II; (2) meningkatnya rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa yaitu 60 % pada siklus I menjadi 95% pada siklus II; (3) meningkatnya rata-rata persentase aktivitas siswa yaitu 4,07 % pada siklus I menjadi 4,44% pada siklus II.