Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Metode Pembelajaran Learning Contracts dengan Metode Pembelajaran Learning Journals Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Enrekang

Main Article Content

Ruslimin. A
Agung Suci Dian Sari
Hafsyah Hafsyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1
Enrekang yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Contracts, untuk
mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Enrekang yang diajar dengan
menggunakan metode Learning Journals dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Learning Contracts
dengan yang diajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Learning Journals pada siswa
kelas X SMAN 1 Enrekang. Penelitian ini merupakan Two group, pretest posttest design.
Instrumen yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah adalah tes hasil belajar siswa
yang terkait dengan materi trigonometri dan lembar observasi. Pengolahan data yang
dilakukan penulis dalam hal ini adalah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan
inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil
belajar matematika kelas eksperimen I adalah 71,81 sedangkan kelas eksperimen II adalah
78,86. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh thitung = −2,22 , harga ini
selanjutnya dibandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 66 pada taraf signifikansi

Article Details

How to Cite
A, R., Sari, A. S. D., & Hafsyah, H. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika antara Metode Pembelajaran Learning Contracts dengan Metode Pembelajaran Learning Journals Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Enrekang. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(2), 5-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/2234
Section
Articles

References

A, Ruslimin. 2020. Efektivitas Metode Penyelesaian Soal Secara Sistematis Dalam Pembelajaran Matematika Peserta Didik SDN 133 Pewa. Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1), 29-32 vol.

Ali, Muhammad. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Moderen. Jakarta: Pustaka Amani.

Arief Tiro, Muhammad. 2000. Dasar-dasar Statistik. Makassar: State University of Makassar Press.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Efi. 2007. Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Siswa yang Diajar Melalui Pendekatan Cooperatif Learning Teknik Jigsaw dengan Teknik STAD. (skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Hasbullah. 2005. Dasar – dasar Ilmu pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ikbal, M. Hasan, Ir, M.M. 2010. Pokok-pokok materi statistika 2 (statistik Inferensial). Jakarta: Bumi Aksara.

Imtihan, Nurul. 2011. Efektifitas Learning Journals (Jurnal Belajar) Terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar Siswa. (Skripsi Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Riyanto ,Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samad , Sulaiman, dkk. 2008. Profesi Keguruan. Makassar: FIP-UNM.

Silberman, Mel. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Soedjati, S. R. 1999/2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Subana. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, F., & Elihami, E. (2020). Teaching Variation Development through tutoring in optimizing student achievement. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 102-107.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.