Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas V UPTD SDN 20 Barru Kabupaten Barru

Main Article Content

Hj. Rosmawati

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan realistic pada siswa kelas V UPTD SDN 20 Barru Kabupaten Barru dengan jumlah siswa 23 orang. Siklus I dilaksanakan selama dua kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang dilaksanakan setiap akhir siklus dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pada siklus I skor rata – rata hasil belajar matematika adalah 64,78 dari skor tertinggi yang mungkin tercapai 100 dengan standar deviasi 16,61 dan berada pada kategori sedang, serta ketuntasan belajar murid sebesar 47,83%. (2) Pada siklus II skor rata – rata hasil belajar matematika adalah 81,95 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100 dengan standar deviasi 11,55 dan berada pada kategori tinggi, serta ketuntasan belajar siswa sebesar 95,65 %. (3) Terjadi peningkatan kehadiran dan, keaktifan siswa pada saat mengerjakan soal-soal latihan. (4) terjadi penurunan siswa yang melakukan kegiatan lain. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SDN 20 Barru Kab. Barru melalui pendekatan realistic

Article Details

How to Cite
Rosmawati, H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas V UPTD SDN 20 Barru Kabupaten Barru. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 13-24. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/2550
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.