PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CHALK AND TALK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII.2 SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE

Main Article Content

Nurdin Nurdin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran Chalk and Talk pada peserta didik kelas VII.2 SMP Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang pelaksanaannya meliputi: perencanaan (plaining), pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.2 semester genap SMP Muhammadiyah Parepare pada tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah peserta didik 26 orang, yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 12 orang peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing tiga kali pertemuan proses pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data tentang hasil belajar matematika peserta didik diperoleh dengan menggunakan teknik tes yang di berikan pada setiap akhir siklus, sedangkan data tentang aktivitas peserta didik dan aktivitas guru diambil dengan menggunakan lembar observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan selama dua siklus, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas VII.2 SMP Muhammadiyah Parepare mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan strategi pembelajaran Chalk and Talk. Hal ini ditandai dengan: (a) meningkatnya rata-rata hasil belajar matematika pada peserta didik siklus I yaitu 42,88% menjadi 83,88% pada siklus II. (b) meningkatnya persentase ketuntasan belajar matematika peserta didik yaitu 26,9% pada siklus I menjadi 92,3% pada siklus II atau tuntas secara klasikal. (c) meningkatnya rata-rata aktivitas peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada siklus II. Dan (d) meningkatnya rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari siklus I ke siklus II.

Article Details

How to Cite
Nurdin, N. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CHALK AND TALK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII.2 SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 1-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/280
Section
Articles

References

Afrhyelia, Kun. 2013. Efektivitas Pembelajaran Realistik. Tersedia padahttp://aprielkun.blogspot.com/2013/01/efektivitas-pendekatan-realistic.html. Diakses, 2 Februari 2015

Alexandro. 2013. Pengertian dan Hasil Belajar Matematika Menurut Para Ahli tersedia pada http://catatanalexandro.blogspot.com/2013/11/pengertian-dan-hasil-belajar-matematika.html di akses pd tgl 26-03-2015

Arikunto, Suharsimi. 2008.Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT.Bumi aksara.
Arikunto. 2007. Penelitian Tinakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Chandra. 2013. Penerapan Teori Belajar Pavlov Melalui Model Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Media pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Patampanua. Skripsi: UMPAR
Darniati. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Faktorisasi Suku Aljabar Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Bowling Kampus Pada Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Lasinrang Kabupaten Pinrang. Skripsi: UMPAR
Hamzah, Ali, dkk. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo persada
Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Khairul. 2014. Strategi Pembelajaran Ekspositori. Tersedia pada http://thatiscallphysics.blogspot.com/2014/04/strategipembelajaranekspositori.html di akses pada tanggal 16 januari 2015

Mas’ud, Badolo. 2014. Pedoman dan Teknik Penulisan Skripsi. Parepare: Umpar
Muchlisin. 2012. Metode Belajar Ekspositori. Tersedia pada (http://www.kajianpustaka.com/2012/12/metodebelajarekspositori.html) di akses pada tanggal 16 januari 2015
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahman, Abdul. 2010. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model pembelajaran Missouri Mathematich Project pada murid kelas VIII.8 SMP Negeri 2 Parepare. Skripsi: FKIP jurusan Matematika.
Rahmawati. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Adaptive Help Seeking pada peserta didik kelas VIII5 SMP Negeri 9 Parepare. Skripsi: FKIP jurusan Matematika

Ridiawan. 2013. Strategi Pembelajaran Ekspositori. Tersedia pada (http://ridiawan.blogspot.com/2013/05/strategipembelajaranekspositori. html) di akses pada tanggal 16 januari 2015
Rismayanti. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Quick On The Draw Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Faktorisasi Suku Aljabar Siswa Kelas VIII.8 SMP Negeri 3 Parepare. Skripsi: UMPAR
Riswandi. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Mengajar Melalui Pembelajaran Dengan Metode Pemberian Tugas Bentuk Superitem Pada Peserta Didik Kelas VII2 MTs Negeri Parepare. Skripsi: UMPAR
Rudi. 2012. Strategi Pembelajaran Ekspositori. Tersedia pada (http://rudisiswoyoalfikir.blogspot.com/2012/10/strategipembelajaran-ekspositori.html) di akses pada tanggal 16 januari 2015
Rusdi, Andi. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Materi Statistika di Kelas IX SMP Negeri 3 Parepare. Tesis: UNM.
Sani, Abdullah, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, Wina . 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media
Sihotang, Kasdin. 1997. Problem Posing
Membentuk Manusia Seutuhnya. Surabaya: Gema Cliping Service
Suherman, Erman, dkk. 2003. Edisi Revisi Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Ubaydillah. 2013. Kajian Teori Hakikat Hasil Belajar Matematika tersedia padahttp://rujukanskripsi.blogspot.com/2013/06/kajianteorihakikathasil-belajar.html di akses pada tanggal 12 maret 2015

Uno, B. Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Gorontalo : Bumi Aksara.

Yesinta. 2013. Pengertian Matematika Menurut Para Ahli tersedia pada http://tematikitumudah.wordpresscom/2013/11/22/pengertianmatematika-menurut-para-ahli.html di akses pada tanggal 19 April 2015

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.