MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KUIS INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 94 BALLA

Main Article Content

Suarti Djafar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom actioan research)  yang pelaksanaannya mengacu pada model Hopskin, meliputi empat tahap yaitu: (a) tahap perencanaan, (b) tahap pelaksanaan, (c) tahap tindakan dan (d) tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 94 Balla tahun ajaran 2016/2017 semester ganjil, yang berjumlah 16 orang.


Instrumen pada penelitian ini adalah: (1) lembar tes hasil belajar dan (2) lembar observasi aktivitas peserta didik. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 94 Balla setelah diajar dengan metode kuis interaktif, hal tersebut ditandai dengan: (1) Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik pada siklus I adalah 74,81 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,00, (2) Jumlah peserta didik yang tuntas belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I jumlah peserta didik yang tuntas belajar hanya 9 orang peserta didik atau 56,30%, meningkat menjadi 13 orang peserta didik atau 81,30% pada siklus II, dan (3) Terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang aktif dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dari indikator-indikator yang ada pada lembar observasi

Article Details

How to Cite
Djafar, S. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KUIS INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 94 BALLA. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 13-22. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/281
Section
Articles

References

Muryani. 2012. Penggunaan Pemberian Kuis Sebelum Kegiatan Pembelajaran, (Online), (http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/923/3/T1_292008191_BAB%20II.pdf), diakses 20 Desember 2015.

Nuraida, Tanti. 2011. Pengaruh Metode Permainan Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Segiempat Peserta didik Kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012, (Online),
(http://repo.iain-tulungagung.ac.id/983/BAB%20II.pdf ), diakses 04 Januari 2015.
Purwadi. 2009. Pengaruh Metode Kuis Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Percaya Diri, (Online),
(http://dglib.uns.ac.id/dokumen/detail/15147/Pengaruh-metode-kuis-interaktif-terhadap-prestasi-belajar-matematika-ditinjau-dari-sikap-percaya-diri), diakses 02 Desember 2015.

Rahmadanniati. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pemberian Kuis Setiap Akhir Pembelajaran Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Parepare. Skripsi tidak diterbitkan. Parepare: UMPAR.
Rustiani, R., Djafar, S., Rusnim, R., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019, October). Measuring Usable Knowledge: Teacher’s Analyses of Mathematics for Teaching Quality and Student Learning. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 239-245).
Tiro, Arif Muhammad. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.
Untari. 2011. Efektivitas Metode Kuis Interaktif Dan Explicit Intruction, (Online), (http://digilib.unila.ac.id/14061/15/BAB%20II.pdf), diakses 02 April 2016

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.