PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 143 LEMO
Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas (classroom action reseach) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model Advance Organizer peserta didik kelas V SDN 143 Lemo. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing tiga kali pertemuan proses pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes pada setiap siklus, dan lembar observasi pada setiap proses pembelajaran di dalam kelas. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas V SDN 143 Lemo mengalami peningkatan melalui advance organizer.
Article Details
How to Cite
Rustiani, R. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 143 LEMO. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 23-28. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/282
Section
Articles
References
Amsyir, 2013. Penerapan Teori Ausabel Melalui Model Pembelajaran Advance Organizer dalam upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Skripsi tidak diterbitkan. Parepare: UMPAR.
Dahar, Ratna, Wilis. 2011. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matenatika. Yogyakarta: tugupublisher
Herman, Safri, 2013. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer dalam Materi Bangun Ruang Skripsi tidak diterbitkan. Parepare: UMPAR.
Hidayat, Nurul. 2008. Model Pembelajaran Advance Ornganizer. (online), (http://aryes-hidayat.blogspot.com/2008/model-pembelajaran-advance-organizer.html). Diakses pada tanggal 2 februari 2016
Kemdiknas UM. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.
Mawardi, Says. 2011. Model Pembelajaran Advance Organizer. (online), (http://mawaX.5.wordpress.com, diakses pada tanggal 22 februari 2016).
Momoy. 2011. Proposal PTK Matematika. (online), (http://momoydandellion.blogspot.com, diakskes: 02 Januari 2016).
Muslich, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual
Rustiani, R., Djafar, S., Rusnim, R., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019, October). Measuring Usable Knowledge: Teacher’s Analyses of Mathematics for Teaching Quality and Student Learning. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 239-245).
Dahar, Ratna, Wilis. 2011. Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matenatika. Yogyakarta: tugupublisher
Herman, Safri, 2013. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer dalam Materi Bangun Ruang Skripsi tidak diterbitkan. Parepare: UMPAR.
Hidayat, Nurul. 2008. Model Pembelajaran Advance Ornganizer. (online), (http://aryes-hidayat.blogspot.com/2008/model-pembelajaran-advance-organizer.html). Diakses pada tanggal 2 februari 2016
Kemdiknas UM. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.
Mawardi, Says. 2011. Model Pembelajaran Advance Organizer. (online), (http://mawaX.5.wordpress.com, diakses pada tanggal 22 februari 2016).
Momoy. 2011. Proposal PTK Matematika. (online), (http://momoydandellion.blogspot.com, diakskes: 02 Januari 2016).
Muslich, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual
Rustiani, R., Djafar, S., Rusnim, R., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019, October). Measuring Usable Knowledge: Teacher’s Analyses of Mathematics for Teaching Quality and Student Learning. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 239-245).