MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 192 LANDOKE
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 192 Landoke. Penelitian ini terdiri dari empat tahap pelaksanaan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan angket motivasi. Data yang peroleh akan dikumpulkan melalui teknik observasi dan teknik angket kemudian dianalisis melalui teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada peserta didik kelas V SDN 192 Landoke meningkat.
Article Details
References
Asiah, Jum. 2015. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Quantum Learning pada Peserta didik Kelas VIII.C SMP Negeri Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Skripsi tidak diterbitkan. Parepare. UMPAR.
Darmawati. 2010. Peningkatan Motivasi Belajar Matematika melalui Metode Pemberian Kuis yang Disertai Umpan Balik terhadap Peserta didik Kelas VII.5 SMP Neg. 4 Parepare. Skripsi tidak diterbitkan. Parepare: UMPAR.
Djamarah, Syaiful Basri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.
Maulana, Ady Sulton. 2013. Penerapan Strategi React untuk Meningkatkan sKemampuan Koneksi Matematis Peserta didik SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Univeritas Pendidikan Indonesia.
Nasution, 2012. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar – Dasar Statistika. Makassar. Andira Publisher Makassar.
Wena, Made, 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.