Apakah Terdapat Perbedaan Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Mengubah Soal Cerita Ke Dalam Bentuk Model Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hipporcrates?

Main Article Content

Nurdin Nurdin
Taupik Ismail
Dian Anugrah
Sumi Sumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa calon guru matematika dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk model matematika ditinjau dari tipe kepribadian Hipporcrates. Kemampuan representasi matematika diukur dari empat indikator yaitu representasi gambar, representasi visual, representasi kata dan representasi ekspresi matematik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan tiga instumen yaitu instrument angket untuk mengetahui tipe kepribadian subjek penelitian, instumen tes kemampuan mengubah soal cerita  kedalam bentuk model matematika materi geometri bidang dan ruang dan instrument wawancara sebagai penguatan hasil instrument tes agar data yang diperoleh semakin valid. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi Nvivo 12 Plu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat tipe kepribadian hipporcrates yang paling baik dalam mengubah soal cerita kedalam bentuk matematika yaitu tipe kepribadian melankolis karena dapat mengubah wacana menjadi bentuk ilustrasi, dapat menggambarkan dan menemukan  segitiga kongruen dan sebangun, dapat menuliskan dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah, dan menyelesaikan permasalahan menggunakan ekspresi matematika. Hal ini menunjukkan bahwa subjek memiliki pengetahuan matematika yang utuh, baik secara konseptual maupun procedural.


 

Article Details

How to Cite
Nurdin, N., Ismail, T., Anugrah, D., & Sumi, S. (2022). Apakah Terdapat Perbedaan Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Mengubah Soal Cerita Ke Dalam Bentuk Model Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hipporcrates?. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 37-49. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/3293
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.