PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 5 PAREPARE

Main Article Content

Asrinan Asrinan

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pendekatan Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 5 Parepare yang terdiri dari 3 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian adalah kelas VII B dan kelas VII C. Instrument dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes esay. Pengolahan data menggunakan Uji Normalitas Kolmogorov -Simirnov, Uji Homogenitas Levene Statistic, dan pengujian Hipotesis dalam bentuk uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil uji t selisih nilai pre-test dan Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t-hitung adalah 4,206 dengan df = (n1+ n2) – 2 diperoleh t table sebesar 1,6786. Apabila dibandingkanthit ung dan t-tabel maka t-hitung & gt; t-tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti ada pengaruh signifikan pada kemampuan berpikir kreatif antara siswa siswa yang mendapatkan pembelajaran PCL dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvesional.

Article Details

How to Cite
Asrinan, A. (2020). PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 5 PAREPARE. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 39-44. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/369
Section
Articles

References

Abdurrozak, A. Jayadinata, A. K., Atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif S iswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1. 872-880.
Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka C ipta.
Duishenova, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL). Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan.
Harfiani. 2004. Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Problem Centered Learning. Tesis pada PPS UPI. Bandung. Tidak diterbitkan.
Margono, S. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka C ipta. Nuharini, D. & Wahyuni, T. (2008). Matematika 1: Konsep dan Aplikasinya: untuk Kelas VI SMP/MTs I. Jakarta: P usat Perbukuan Vol.17 No.1. 66-79.
Purwadinata. 1967. Psikologi pendidikan dengan pendidikan baru. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Saraswati, Diyah, dkk. 2013. Penerapan Pembelajaran Two Stay-Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Minat. Jurnal, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Semarang.
Sardiman, A. M. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wheatley, Yunaz. (2012). Pengaruh Penerapan Pendidikan Problem Centered Learning (PC L) Terhadap peningkatan kemampuan penalaran indaptif siswa SMP. (Skripsi). Universitas pendidikan Indonesia, bandung
Wibisono, Yusuf. (2005). Metode Statistic. Yogyakarta: Gadja h Mada University
Yulianti, nurlela. (2010). Pengaruh penalaran pendidikan problem centered learning (PCL) terhadap kemampuan penalaran induktif siswa SMP. (Skripsi). FPMIP A, Universitas Pendidikan Indonesia, bandung

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.