Efektivitas Penerapan Model Round Club pada Materi Aritmatika Sosial Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Enrekang

Main Article Content

Sutriana sutriana
Putriyani Samsul
Hafsyah Hafsyah

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang efektivitas penerapan model round club pada materi aritmatika sosialpeserta didik Kelas VIISMP Negeri 4 Enrekang. Permasalahan pokok yang dikaji terfokus pada apakah model round club efektif diterapkan pada materi aritmatika sosialpeserta didik Kelas VIISMP Negeri 4 Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model round clubpada materi aritmatika sosialpeserta didik Kelas VIISMP Negeri 4 Enrekang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIISMP Negeri 4 Enrekang yang terdaftar dan mengikuti proses pembelajaran pada tahun ajaran 201/2020 dengan jumlah 27 orang.Data diperoleh dari tes dan pengamatan langsung, kemudian data diolah dengan uji homogenitas dan uji hipotesis. Penerapan model round clubpada materi aritmatika sosialpeserta didik Kelas VIISMP Negeri 4 Enrekang lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji pairedt-test, nilai Ttabel = -16,018 dengan tingkat signifikan 0,000. Ini berarti nilai Thitung lebih besar dan berada pada taraf signifikan 5% yang artinya rata-rata sebelum penerapan model round club lebih rendah dibandingkan rata-rata setelahpenerapan model round club yang berarti ho ditolak dan ha diterima yaitu penerapan model round club lebih efektif dibandingkan tidak menerapkan penerapan model round club. Dari uji tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pre-test) dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (post-test). Berdasarkan hasil penghitungan, dihasilkan nilai rata-rata pretest sebesar 38,9 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,3. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest.

Article Details

How to Cite
sutriana, S., Samsul, P., & Hafsyah, H. (2020). Efektivitas Penerapan Model Round Club pada Materi Aritmatika Sosial Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Enrekang. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(2). Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/3718
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.