PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PENDIDIKAN KONVESIONAL SERTA MODEL PENDIDIKAN KOOPERATIF JENIS NUMBERED HEAD TOGETHER( NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODUL BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMPS DARUL FALAH ENREKANG

Main Article Content

Muhammad Yunus
Suarti Djafar
Rustiani S

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh Pelaksanaan Model Pendidikan Konvesional serta Model Pendidikan Kooperatif Jenis Numbered Head Together( NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Modul Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang dengan permasalahan.Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran koooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran koooperatif tipe Numbered Head Together dengan pendekatan saintifk dan metode konvensional siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang. Jenis penelitian ini adalah Ekspremental Factorial dimana pada penelitian ini langsung memilih sampel yang telah terbentuk dalam kelompok, satu kelompok diberikan perlakuan dan satu kelompok dijadikan sebagai pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII. Kelas VIII b sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 siswa dan kelas VIII a sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah adalah tes hasil belajar siswa yang terkait dengan materi bangun rauang dan angket. Pengolahan data yang dilakukan penulis dalam hal ini adalah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif  menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang dengan metode Konvensional 69% sehingga secara umum  hasil belajar berada pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) 83,9% sehingga secara umum hasil belajar berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaterdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan kelompok siswa yang tidak menerapkan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang.

Article Details

How to Cite
Yunus, M., Djafar, S., & S, R. (2020). PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PENDIDIKAN KONVESIONAL SERTA MODEL PENDIDIKAN KOOPERATIF JENIS NUMBERED HEAD TOGETHER( NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODUL BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMPS DARUL FALAH ENREKANG. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 45-51. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/4525
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.