PENGARUH PELAKSANAAN MODEL PENDIDIKAN KONVESIONAL SERTA MODEL PENDIDIKAN KOOPERATIF JENIS NUMBERED HEAD TOGETHER( NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODUL BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMPS DARUL FALAH ENREKANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang Pengaruh Pelaksanaan Model Pendidikan Konvesional serta Model Pendidikan Kooperatif Jenis Numbered Head Together( NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Modul Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang dengan permasalahan.Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran koooperatif tipe Numbered Head Together siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang. (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran koooperatif tipe Numbered Head Together dengan pendekatan saintifk dan metode konvensional siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang. Jenis penelitian ini adalah Ekspremental Factorial dimana pada penelitian ini langsung memilih sampel yang telah terbentuk dalam kelompok, satu kelompok diberikan perlakuan dan satu kelompok dijadikan sebagai pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII. Kelas VIII b sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 siswa dan kelas VIII a sebagai kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah adalah tes hasil belajar siswa yang terkait dengan materi bangun rauang dan angket. Pengolahan data yang dilakukan penulis dalam hal ini adalah dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang dengan metode Konvensional 69% sehingga secara umum hasil belajar berada pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) 83,9% sehingga secara umum hasil belajar berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaterdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan kelompok siswa yang tidak menerapkan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa kelas VIII SMPS Darul Falah Enrekang.