Analisis Logika Matematika Terhadap Kasus Perceraian di Kabupaten Enrekang

Main Article Content

sulfitri sulfitri
Ruslimin A
Hafsyah Hafsyah

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Logika Matematika Terhadap Kasus  Perceraian di Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kasus perceraian di daerah Kabupaten Enrekang, (2) Menghasilkan premis tentang kasus perceraian di daerah Kabupaten Enrekang kedalam bentuk logika matematika implikasi untuk mengetahui nilai kebenarannya, (3) Menghasilkan premis-premis kesimpulan tentang kasus perceraian di daerah Kabupaten Enrekang, yang telah dikehui kebenarannya dengan konsep penarikan kesimpulan di dalam logika matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deksriktif kualitatif. Pemilihan  subjek diambil dari orang yang telah menikah baik laki-laki maupun perempuan. Subjek wawancara diperoleh dari orang yang telah bercerai. Laki-laki terdiri dari 2 orang dan perempuan terdiri dari 3 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dibagi 2 yakni instrumen utama dan instrumen pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner/angket, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan tentang premis-premis kesimpulan perceraian yang sebelumnya telah diketahui kebenarannya dalam logika matematika implikasi.

Article Details

How to Cite
sulfitri, sulfitri, A, R., & Hafsyah, H. (2021). Analisis Logika Matematika Terhadap Kasus Perceraian di Kabupaten Enrekang. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(2), 10-17. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/4527
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.