Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta didik Kelas X MAN 1 Baraka
Main Article Content
Abstract
Sebuah penelitian eksperimen semu tanpa kontrol yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik MAN I Baraka Kabupaten Enrekang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka Kabupaten Enrekang sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 47,42, (2) Rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka Kabupaten Enrekang setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 85, 31, (3) Terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka Kabupaten Enrekang yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah.
Article Details
References
Elihami, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.
Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.
Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. ICONSS Proceeding Series, 429-435.
Eskarya, H., & Elihami, E. (2019). THE INSTITUTIONAL ROLE OF FARMER GROUPS TO DEVELOP THE PRODUCTION OF COCOA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 81-87.
Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 25-35.
Haling, Abdul. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jurusan Pendidikan dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Hendriansnond. 2012.Pengertian Belajar dan hasil Belajar www.Hendriansnond.Blogspot .Com Diakses selasa,31 Januari 2012
Husni, H., & Elihami, E. (2019). THE MULTI-FUNCTIONAL APPLICATION OF TEACHERS. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 148-153.
Guntara. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, (Online), http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2058/1795, diakses 10 April 2016
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murdas, Muhammad. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta didik Kelas VIII.A MTs Ddi Lero Kec.Suppa Kab.Pinrang. Skripsi tidak diterbitkan. Parepare: UMPAR.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, Budi. 2014. Pembelajaran dan Pemahaman Konsep Matematika, (Online), http://Pak-boedi.blogspot.in/2014/06/pembelajaran-dan-pemahaman- konsep.html, diakses 12 Desember 2015.
Suherman, Erman. 2001. Strategi Belajar Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar – Dasar Statistika. Makassar. Andira Publisher Makassar.