Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta didik Kelas X MAN 1 Baraka

Main Article Content

Pratiwi Pujilestari Alam

Abstract

Sebuah penelitian eksperimen semu tanpa kontrol yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik MAN I Baraka  Kabupaten  Enrekang. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa (1) Rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka  Kabupaten  Enrekang sebelum diterapkan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 47,42, (2) Rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka  Kabupaten  Enrekang setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 85, 31, (3) Terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X1 MAN I Baraka  Kabupaten  Enrekang yang signifikan setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah. 

Article Details

How to Cite
Alam, P. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika pada Peserta didik Kelas X MAN 1 Baraka. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(2), 16-22. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/482
Section
Articles

References

Djafar, S., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019). Increasing the Mathematics Learning through the Development of Vocational Mathematics Modules of STKIP Muhammadiyah Enrekang. ICONSS Proceeding Series, 246-251.
Elihami, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.
Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.
Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. ICONSS Proceeding Series, 429-435.
Eskarya, H., & Elihami, E. (2019). THE INSTITUTIONAL ROLE OF FARMER GROUPS TO DEVELOP THE PRODUCTION OF COCOA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 81-87.
Firawati, F. (2017). Transformasi Sosial dalam Nilai-Nilai Pendidikan Islam di Kabupaten Sidenreng Rappang. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 25-35.
Haling, Abdul. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jurusan Pendidikan dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Hendriansnond. 2012.Pengertian Belajar dan hasil Belajar www.Hendriansnond.Blogspot .Com Diakses selasa,31 Januari 2012
Husni, H., & Elihami, E. (2019). THE MULTI-FUNCTIONAL APPLICATION OF TEACHERS. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 148-153.
Guntara. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, (Online), http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2058/1795, diakses 10 April 2016
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murdas, Muhammad. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta didik Kelas VIII.A MTs Ddi Lero Kec.Suppa Kab.Pinrang. Skripsi tidak diterbitkan. Parepare: UMPAR.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Santoso, Budi. 2014. Pembelajaran dan Pemahaman Konsep Matematika, (Online), http://Pak-boedi.blogspot.in/2014/06/pembelajaran-dan-pemahaman- konsep.html, diakses 12 Desember 2015.
Suherman, Erman. 2001. Strategi Belajar Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.
Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar – Dasar Statistika. Makassar. Andira Publisher Makassar.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.