MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FPB DAN KPK DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBASIS KONSEP ARITMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 20 PAREPARE

Main Article Content

Hafsyah Hafsyah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar FPB dan KPK dengan menggunakan alat peraga berbasis konsep aritmatika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Parepare. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 20 Parepare yang berjumlah 21 orang. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: (a) tahap perencanaan, (b) tahap tindakan, (c) tahap observasi, (d) tahap refleksi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar FPB dan KPK mengalami peningkatan dengan menggunakan alat peraga berbasis konsep aritmatika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 20 parepare, hal ini dapat dilihat dari: (1) adanya peningkatan skor rata-rata hasil belajar FPB dan KPK peserta didik yaitu pada siklus I sebesar 56,76 menjadi 90,14 pada siklus II; (2) meningkatnya ketuntasan hasil belajar FPB dan KPK peserta didik yaitu pada siklus I 0% menjadi 90,5% pada siklus II; dan (3) meningkatnya persentase aktivitas belajar peserta didik yang sesuai proses pembelajaran yaitu pada siklus I sebesar 38,55% menjadi 68,30% pada siklus II.


 

Article Details

How to Cite
Hafsyah, H. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FPB DAN KPK DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBASIS KONSEP ARITMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 20 PAREPARE. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(2), 23-27. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/492
Section
Articles

References

Annisah, Sitti. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika, (Online), http://stainmetro.ac.id/e-journal.index.php/tarbiwiyah/article/download/297/283 diakses 25 april 2016.
Abbas, M. A. A., Sari, N., Nasra, N., & Elihami, E. (2020). PERANAN LAPANGAN PERLEMBAGAAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DIAN AYU DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 122-138.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ayu. 2012. Makalah Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. (online). http://tonjitonjidor-ayuayu.blogspot.co.id/2012/01/makalah-alat-peraga-dalam-pembelajaran.html. (online). Diakses 25 April 2016.
Djafar, S., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019). Increasing the Mathematics Learning through the Development of Vocational Mathematics Modules of STKIP Muhammadiyah Enrekang. ICONSS Proceeding Series, 246-251.
Dwiwansyah Musa, Lisa Aditya. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Murid Kelas VII.1 SMP Negeri 8 Parepare. Skripsi: UMPAR.
Efendi, A., & Elihami, E. (2020). GUIDE-LINING FOR LEARNING TO OPTIMIZING LEARNING ACHIEVEMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 56-62.
Elihami, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.
Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.
Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. ICONSS Proceeding Series, 429-435.
Eskarya, H., & Elihami, E. (2020). THE INSTITUTIONAL ROLE OF FARMER GROUPS TO DEVELOP THE PRODUCTION OF COCOA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 81-87.
Hamalik, Oemar.2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Haslinda, H., & Elihami, E. (2020). DEVELOPING OF CHILDRENS PARK PROGRAM ‘SITTI KHADIJAH’IN ENREKANG DISTRICT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 41-47.
Irma. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Murid Kelas X11 SMA Negeri 1 Parepare. Skripsi : UMPAR
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Khalik, M. F., Asbar, A., & Elihami, E. (2020). THE QUALITY OF HUMAN RESOURCE IN ENREKANG DISTRICT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 63-71.
Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Octaviana. 2012. Macam-macam Alat Peraga. (online) http://www.slideshare.net/octavianashintadewi/macam-macam-alat-peraga-matematika. Diakses 25 April 2016.
Panjiamboro. 2013. Pengertian Alat Peraga. (online) https://panjiamboro.wordpress.com/2013/05/17/pengertian-tujuan-dan-manfaat-alat-peraga/. Diakses 25 April 2016.
Rustiani, R., Djafar, S., Rusnim, R., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019, October). Measuring Usable Knowledge: Teacher’s Analyses of Mathematics for Teaching Quality and Student Learning. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 239-245).
Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2020). LITERATION OF EDUCATION AND INNOVATION BUSINESS ENGINEERING TECHNOLOGY. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 48-55.
Slameto. 2003. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Askara.
Sudarsono.2008. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Kelas VII SMP Negeri 4 Baraka Kab Enrekang. Skripsi: UMPAR
Sudjana, N. 1989. Cara Belajar Murid Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Matematika.
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadameda Group.
Tiro, Muhammad Arif. Dasar-dasar Statistika. Makassar. Andira Publisher.
Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2020). STUDENT AND FACULTY OF ENGAGEMENT IN NONFORMAL EDUCATION. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 139-147.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.