Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Chalk and Talk pada Peserta Didik Kelas IV SDN No. 8 Tampaan

Main Article Content

Desi Hadi Sandi

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang  bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Chalk and Talk  pada peserta didik kelas VI SDN NO 8 Tampaan. Tahap pelaksanaannya meliputi: perencanaan (plaining), pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VI semester ganjil SDN no 8 Tampaan  pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing tiga kali pertemuan proses pembelajaran dan satu kali pertemuan dilakukan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan teknik observasi .Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SDN NO 8 Tampaan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah diterapkan strategi pembelajaran Chalk and Talk.

Article Details

How to Cite
Sandi, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Chalk and Talk pada Peserta Didik Kelas IV SDN No. 8 Tampaan. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(2), 28-38. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/493
Section
Articles

References

Abbas, M. A. A., Sari, N., Nasra, N., & Elihami, E. (2020). PERANAN LAPANGAN PERLEMBAGAAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DIAN AYU DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 122-138.
Alexandro. 2013. Pengertian dan Hasil Belajar Matematika Menurut Para Ahli tersedia pada http://catatanalexandro.blogspot.com/2013/11/pengertian-dan-hasil-belajar-matematika.html di akses pd tgl 26-03-2015
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ayu. 2012. Makalah Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. (online). http://tonjitonjidor-ayuayu.blogspot.co.id/2012/01/makalah-alat-peraga-dalam-pembelajaran.html. (online). Diakses 25 April 2016.
Djafar, S., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019). Increasing the Mathematics Learning through the Development of Vocational Mathematics Modules of STKIP Muhammadiyah Enrekang. ICONSS Proceeding Series, 246-251.
Dwiwansyah Musa, Lisa Aditya. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Murid Kelas VII.1 SMP Negeri 8 Parepare. Skripsi: UMPAR.
Efendi, A., & Elihami, E. (2020). GUIDE-LINING FOR LEARNING TO OPTIMIZING LEARNING ACHIEVEMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 56-62.
Elihami, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.
Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.
Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. ICONSS Proceeding Series, 429-435.
Eskarya, H., & Elihami, E. (2020). THE INSTITUTIONAL ROLE OF FARMER GROUPS TO DEVELOP THE PRODUCTION OF COCOA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 81-87.
Hamalik, Oemar.2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamzah, Ali, dkk. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo persada
Haslinda, H., & Elihami, E. (2020). DEVELOPING OF CHILDRENS PARK PROGRAM ‘SITTI KHADIJAH’IN ENREKANG DISTRICT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 41-47.
Irma. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Murid Kelas X11 SMA Negeri 1 Parepare. Skripsi : UMPAR
Khalik, M. F., Asbar, A., & Elihami, E. (2020). THE QUALITY OF HUMAN RESOURCE IN ENREKANG DISTRICT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 63-71.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Octaviana. 2012. Macam-macam Alat Peraga. (online) http://www.slideshare.net/octavianashintadewi/macam-macam-alat-peraga-matematika. Diakses 25 April 2016.
Panjiamboro. 2013. Pengertian Alat Peraga. (online) https://panjiamboro.wordpress.com/2013/05/17/pengertian-tujuan-dan-manfaat-alat-peraga/. Diakses 25 April 2016.
Ridiawan. 2013. Strategi Pembelajaran Ekspositori. Tersedia pada (http://ridiawan.blogspot.com/2013/05/strategipembelajaranekspositori. html) di akses pada tanggal 16 januari 2015
Rustiani, R., Djafar, S., Rusnim, R., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019, October). Measuring Usable Knowledge: Teacher’s Analyses of Mathematics for Teaching Quality and Student Learning. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 239-245).
Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2020). LITERATION OF EDUCATION AND INNOVATION BUSINESS ENGINEERING TECHNOLOGY. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 48-55.
Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2020). STUDENT AND FACULTY OF ENGAGEMENT IN NONFORMAL EDUCATION. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 139-147.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.