Peningkatan Kreativitas Matematika Melalui Model Vark-Fleming pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe

Main Article Content

Agusriandi Agusriandi

Abstract

.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa kreativitas matematika dapat ditingkatkan melalui model Vark-Fleming pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang pelaksanaannya meliputi 4 tahapan yaitu: perencanaan (planing), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 semester ganjil dengan jumlah murid 25 orang.


 Data peneltian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kreativitas matematika dan lembar observasi. Berdasarkan analisis statistika deskriptif diperoleh nilai rata-rata kreativitas matematika pada siklus II sebesar 64,33, meningkatnya rata-rata persentase aktivitas siswa yang sesuai dengan pembelajaran pada siklus I sebesar 72,38% menjadi 83,81% pada siklus II, menurunnya rata-rata persentase aktivitas siswa yang tidak sesuai dengan pembelajaran pada siklus I sebesar 21,33% menjadi 10,67% pada siklus II, dan meningkatnya rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran dari siklus I sebesar 3,36 menjadi 4,49 pada siklus II, hal ini berarti bahwa model Vark-Fleming dapat meningkatkan kreativitas matematika pada siswa kelas VIII2 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe.

Article Details

How to Cite
Agusriandi, A. (2020). Peningkatan Kreativitas Matematika Melalui Model Vark-Fleming pada Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 3 Mattiro Sompe. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(2), 39-50. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/494
Section
Articles

References

. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Abbas, M. A. A., Sari, N., Nasra, N., & Elihami, E. (2020). PERANAN LAPANGAN PERLEMBAGAAN DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DIAN AYU DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 122-138.
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Alexandro. 2013. Pengertian dan Hasil Belajar Matematika Menurut Para Ahli tersedia pada http://catatanalexandro.blogspot.com/2013/11/pengertian-dan-hasil-belajar-matematika.html di akses pd tgl 26-03-2015
Anggun Prameswari, Bakat ma Kreativitas?, (http://a11no4.wordpress.com/2009/10/11/kreativitas-ma-bakat/,2009), diakses pada tanggal 07/06/15
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ayu. 2012. Makalah Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. (online). http://tonjitonjidor-ayuayu.blogspot.co.id/2012/01/makalah-alat-peraga-dalam-pembelajaran.html. (online). Diakses 25 April 2016.
Badolo, Mas’ud. 2012. Pedoman dan Teknik Penulisan Skripsi. Parepare: UMPAR Parepare.
Buchori Alma, Kewirausahaan, (Bandung : CV Alfabeta,2007), hal.70
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas dan MA. Jakarta: Depdiknas.
Diah. 2012. Macam-macam Gaya Belajar Karekteristik. https://jurnalnbidandiah.blogpot.com/2012/04/macam-macam-gaya-belajar-karekteristik.html?m=1 . Diakses pada tanggal 05/01/15.
Djafar, S., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019). Increasing the Mathematics Learning through the Development of Vocational Mathematics Modules of STKIP Muhammadiyah Enrekang. ICONSS Proceeding Series, 246-251.
Dwiwansyah Musa, Lisa Aditya. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Murid Kelas VII.1 SMP Negeri 8 Parepare. Skripsi: UMPAR.
Efendi, A., & Elihami, E. (2020). GUIDE-LINING FOR LEARNING TO OPTIMIZING LEARNING ACHIEVEMENT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 56-62.
Elihami, E. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Melalui Kuis Dengan Umpan Balik Pada Mahasiswa Kelas. SAFINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 27-37.
Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.
Elihami, E., & Syahid, A. (2018). PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 2(1), 79-96.
Elihami, E., Rahamma, T., Dangnga, M. S., & Gunawan, N. A. (2019). Increasing Learning Outcomes of the Islamic Education through the Buginese Falsafah in Ajatappareng Region. ICONSS Proceeding Series, 429-435.
Eskarya, H., & Elihami, E. (2020). THE INSTITUTIONAL ROLE OF FARMER GROUPS TO DEVELOP THE PRODUCTION OF COCOA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 81-87.
Fleming, N. D 2001. Teaching and Learning Styles: VARK Strategies. New Zealand: Christchurch, N.Z. dan N.D. Fleming.
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar.2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamzah, Ali, dkk. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo persada
Haslinda, H., & Elihami, E. (2020). DEVELOPING OF CHILDRENS PARK PROGRAM ‘SITTI KHADIJAH’IN ENREKANG DISTRICT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 41-47.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hurlock, Elizabeth B, (2002). Perkembangan Anak Jilid 2 (Meitasari Tjandrasa. Terjemahan) (Jakarta : Erlangga, 2002), hal.4
Irma. 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Murid Kelas X11 SMA Negeri 1 Parepare. Skripsi : UMPAR
Joyce, B.& Weil, M. 2003. Model of Teaching. New Delhi: Prentice Hall Inc.
Khalik, M. F., Asbar, A., & Elihami, E. (2020). THE QUALITY OF HUMAN RESOURCE IN ENREKANG DISTRICT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 63-71.
Klara,I.A. 2011. Pengembangan Kreativitas dan Keberbakatan.http://www.docstoc.com/docs/6356639/Handout-Kreativitas. Diakses pada tanggal 02/01/15.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Matlin M, W, 2003, Cognition, Third Edition, State University of New York, Geneseo
Mulyasa.(2009). Praktik Penelitian Tindak Kelas.Bandung : Rosdakarya
Mulyono, Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Naiman, Linda. (2006). What is Creativity?, http://www.creativityatwork.com/articlesContent/whatis.htm. Diakses pada tanggal 08/06/15
Ngalami Purwanto M, Psikologi Pendidikan (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2003), hal. 513-514
Octaviana. 2012. Macam-macam Alat Peraga. (online) http://www.slideshare.net/octavianashintadewi/macam-macam-alat-peraga-matematika. Diakses 25 April 2016.
Panjiamboro. 2013. Pengertian Alat Peraga. (online) https://panjiamboro.wordpress.com/2013/05/17/pengertian-tujuan-dan-manfaat-alat-peraga/. Diakses 25 April 2016.
Ridiawan. 2013. Strategi Pembelajaran Ekspositori. Tersedia pada (http://ridiawan.blogspot.com/2013/05/strategipembelajaranekspositori. html) di akses pada tanggal 16 januari 2015
Ridwan Abdullah Sani. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Roby. 2011. Berpikir Kreatif dalam pembelajaran Matematika. https://robymatematika.wordpress.com/2011/12/21/berpikir-kreatif-dalam-pembelajaran-matematika/.html?m=1 . Diakses pada tanggal 05/01/15.
Rustiani, R., Djafar, S., Rusnim, R., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019, October). Measuring Usable Knowledge: Teacher’s Analyses of Mathematics for Teaching Quality and Student Learning. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 239-245).
Saharuddin, A., Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2020). LITERATION OF EDUCATION AND INNOVATION BUSINESS ENGINEERING TECHNOLOGY. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 48-55.
Siswono. Tatag Yuli Eko dan A. Harris R. 2005. Menilai Kreativitas Siswa dalam Matematika. https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper05_nilaikreatif.pdf. Diakses pada tanggal 04/01/15.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta
Sobry, Sutikno, 2009, Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Prospect
Sudjana, (2005).Model Statistika.Bandung: Tarsito Bandung
Sudjana, Nana 2009.Dasar-Dasar dan Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT.
Syaiful, Bahri Djamarah dan Aswan Zain,2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta
Syarilfuddin, dkk, 2011, Modul Penelitian Tindak Kelas, Pekanbaru : Cendikia Insaniy
Trianto, 2010, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta : Kencana
Wijaya, T., Elihami, E., & Ibrahim, I. (2020). STUDENT AND FACULTY OF ENGAGEMENT IN NONFORMAL EDUCATION. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 139-147.
Winkel, W.S 1999, Psikologi Pengajaran. Edisi Revisi.Jakarta : Raja Grasindo

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.