DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMK LATANRO ENREKANG
Main Article Content
Abstract
“Deskripsi Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Trigonometri Siswa Kelas SMK Latanro Enrekang”. Dibimbing oleh ibu Hafsyah, S.Pd., M. Pd. dan Bapak Dr. Nurdin, M.Si.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tentang kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah pada materi trigonometri siswa kelas X SMK Latanro Enrekang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah memberikan tes dan wawancara. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 subjek yaitu Nur Dinum, Juliati dan Akmal.Berdasarkan indikator digunakan dalam penelitian ini sejalan dengan penelitian (Herling, 2010) bahwa ada 5 aspek indikator berpikir kreatif yaitu kepekaan, kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nur Dinum dan Julianti mampu memenuhi 5 aspek indikator berpikir kreatif yaitu kepekaan, kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi sedangkan Akmal hanya dapat memenuhi 3 aspek indikator berpikir kreatif yaitu kepekaan, keluwesan dan elaborasi.