Analysis of Mathematical Reasoning Ability in Junior High School in terms of Lerning Style Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untukĀ mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar. Kemampuan penalaran matematis merupakan satu diantara beberapa kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh peserta didik. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis adalah gaya belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik kelas VII H mempunyai tingkat kemampuan penalaran matematis sedang dan peserta didik kelas VII H sudah mampu untuk menyajikan pernyataan matematika secara rulisan, gambar atau diagram; menarik kesimpulan dan menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi; menarik simpulan dari pernyataan; dan memeriksa kesahihan argumen.