Analysis of Mathematical Reasoning Ability in Junior High School in terms of Lerning Style Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar

Main Article Content

Monica Sayuri

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untukĀ  mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis ditinjau dari gaya belajar. Kemampuan penalaran matematis merupakan satu diantara beberapa kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh peserta didik. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis adalah gaya belajar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII H SMP Negeri 1 Ciruas Kabupaten Serang yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik kelas VII H mempunyai tingkat kemampuan penalaran matematis sedang dan peserta didik kelas VII H sudah mampu untuk menyajikan pernyataan matematika secara rulisan, gambar atau diagram; menarik kesimpulan dan menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi; menarik simpulan dari pernyataan; dan memeriksa kesahihan argumen.

Article Details

How to Cite
Sayuri, M. (2020). Analysis of Mathematical Reasoning Ability in Junior High School in terms of Lerning Style. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(2), 72. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/708
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.