ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS 2 MIS MUTIARA AULIA

Main Article Content

Dalilah Awanis
Siti Rafiqah Sam
Rora Rizki Wandini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Pada Materi Bangun Datar Di Kelas 2 Mis Mutiara Aulia. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini ialah: Bagaimana hasil dari analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Pada Materi Bangun Datar Di Kelas 2 Mis Mutiara Aulia. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sementara dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Pada Materi Bangun Datar Di Kelas 2 Mis Mutiara Aulia.

Article Details

How to Cite
Awanis, D., Sam, S. R., & Wandini, R. R. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS 2 MIS MUTIARA AULIA. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 57-64. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/7155
Section
Articles

References

Dipayana, I. K. M., Gading, I. K., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Komputasi. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 7(3).
Fauzi, K. M. A., Dirgeyase, I. W., & Priyatno, A. (2019). Building Learning Path of Mathematical Creative Thinking of Junior Students on Geometry Topics by Implementing Metacognitive Approach. International Educations Studies, 12(2), 57.
Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51.
M.Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
MdYunus, A. S., Ayub, A. F. M., & Hock, T. T. (2019). Geometric thinking of Malaysian elementary school students. International Journal of Instruction, 12(1), 1095–1112.
Permendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Putra, Z. H., & Sucitra, W. (2017). Hubungan Intelegensi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 68 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1-18.
Putri, Y. E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis Pada Materi Pokok Segitiga.
Syahrir, S., Kusnadin, K., & Nurhayati, N. (2013). Analisis kesulitan pemahaman konsep dan prinsip materi pokok dimensi tiga siswa kelas XI SMK Keperawatan Yahya Bima. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 1(1), 89–103.
Unlu, M., Ertekin, E., & Dilmac, B. (2017). Predicting Relationships between Mathematics Anxiety, Mathematics Teaching Anxiety, Self-efficacy Beliefs towards Mathematics and Mathematics Teaching. International Journal of Research in Education and Science, 636–636.
Wardhani, I. S. (2019). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis). Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami Universitas Islam Negeri Malang, 3(1).
Wati, A. K., & Muhsin. (2019). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kesulitan Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 797–813.
Zulifah, Himatul Alif. (2018). Identifikasi Miskonsepsi pada Materi Lingkaran Kelas VIII Mts Sabilul Ulum Tahun Ajaran 2017/2018 Dengan Menggunakan Uji Tes Diagnostik Pilihan Ganda Tiga Tingkat. Skripsi. Semarang: Program Studi Pendidikan Matemtika Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.