EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA POS BLOC KOTA MEDAN
Main Article Content
Abstract
Artikel ini mengeksplorasi elemen etnomatematika yang terdapat pada bangunan Pos Bloc di Kota Medan, yang merupakan bekas gedung kantor pos era kolonial Belanda. Penelitian ini bertujuan untuk menghubungkan prinsip-prinsip matematika, seperti geometri, transformasi geometri, perbandingan, dan matematika terapan (graf), dengan unsur budaya dan arsitektur bangunan. Dengan menggunakan metode penelitian etnografi kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai konsep matematika dapat ditemukan pada elemen-elemen bangunan, seperti jendela, lantai, dan tangga. Temuan ini menyoroti pentingnya integrasi etnomatematika untuk memperkaya pembelajaran matematika yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Article Details
References
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68-82.
Atika, J. (2016). Kajian Interior Bangunan Pada PT. Pos Medan. Jurnal Proporsi, 2(1).
Irmawati, D. A., & Pd, S. (2020). Media Pembelajaran Matematika: Cara Gembira Belajar Matematika. Pemeral edukreatif.
Jamil, A. F. (2019). Geometri Transformasi (Vol. 1). UMMPress.
Kurniawan, R., & Parnawi, A. (2023). Manfaat literasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184-195.
Manan, A. (2021). Metode penelitian etnografi. Aceh: AcehPo Publishing.
Pratiwi, J. W., Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1-12.
Priyani, N. E. (2021). Pengembangan modul etnomatematika berbasis budaya Dayak dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan joyfull learning. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 109-124.
R Siti, R. (2018). Buku Bangunan Heritage Kantor Pos Medan.
Rukayah, R. S., Juwono, S. (2018). Arsitektur Dan Desain Kota Hibrida Pada Kantor Pos Dan Alun-Alun Di Medan. Jurnal Tata Loka, 20(3), 317-330.
Simatupang,Tommy. (2022). Pos Bloc Medan Launching Pada Agustus Mendatang, Gedung Kantor Pos Diubah Jadi Ruang Kreativitas. Harian Tribun Medan. https://medan.tribunnews.com/2022/04/12/pos-bloc-medan-launching-pada-agustus-mendatang-gedung-kantor-pos-diubah-jadi-ruang-kreativitas. Diakses pada 29 Oktober 2024.
Suganda, V. A., Toybah, M., & Hawa, S. (2021). Buku Ajar Berbasis Hots: Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Bening Media Publishing.
Suhanda, R. (2013). Penerapan Gaya Arsitektur Transisi/Kolonial Pada Bangunan Kantor Pos Besar Medan. Arsitektur Kolonial, 4-8.
Tamin, K. B., Ubadah, U., & Mashuri, S. (2022). Tantangan Pendidikan dalam Era Abad 21. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1), 338-342.
Wahyuni, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap kemampuan koneksi matematika siswa pada materi perbandingan. Variabel, 3(2), 66-73.