SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR): EFEKTIVITAS PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSEMENT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Main Article Content

M. Fauzan Zannurrain
Sulthon Zulkarnain Siregar
Putri Wardani
Indah Aini Wirdia
Muhammad Rifa’i
Rizka Tri Andini
Siti Salamah Br Ginting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan efektivitas penilaian autentik (authentic assessement) pada pembelajaran matematika. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan sistematic literature review (SLR). Dari hasil pencarian artikel dari google scholar ditemukan sebanyak 31 artikel, kemudian dieksklusi dengan syarat yang ditentukan maka artikel tersaring menjadi 22 artikel, lalu dengan melihat kelayakan artikel dilihat dari jurnal yang terakreditasi 1-3 dan membaca abstrak untuk mengetahui kesesuaian topik untuk penelitian ini maka didapat 6 artikel yang layak untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian autentik itu efektif untuk dilakukan pada pembelajaran matematika karena tidak hanya memberikan gambaran holistik/menyeluruh tentang pemahaman siswa terhadap konsep matematika tetapi juga dapat memiliki dampak positif terhadap pemahaman siswa dan kualitas pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Zannurrain, M. F., Siregar, S. Z., Wardani, P., Wirdia, I. A., Rifa’i, M., Andini, R. T., & Ginting, S. S. B. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW (SLR): EFEKTIVITAS PENILAIAN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSEMENT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 4(1), 22-31. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/8702
Section
Articles

References

Abidin, Y. (2012). Penilaian otentik sebagai sarana utama implementasi pendidikan karakter di sekolah. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2).
Arigiyati, T. A. (2016). Implementasi Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Progresif, 5(1).
Atmazaki, A. (2013, October). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola Pikir, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilaian Otentik. In International Conference on Languages and Arts (pp. 15-22).
Baiduri, B., Utomo, D. P., Rosyadi, A. A. P., & Jamil, A. F. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika. Jinop (Jurnal Inovasi Pemebelajaran), 5(1).
Cahyadi, F., & Purwandari, A. (2014). Penilaian autentik mata pelajaran matematika kurikulum 2013 guru kelas iv kota semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 4(2).
Fauzi, A. (2019, December). Penilaian Otentik dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika di SMAN 01 Lambitu. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Ferdiani, R. D., & Murniasih, T. R. (2017). Pengembangan instrumen penilaian autentik melalui tugas proyek pada materi statistika smp. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1).
Idris, M. M., & Asyafah, A. (2020). Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1).
Junaedi, I., & Asikin, M. (2015). Model Innomatts Untuk Meningkatkan Ketrampilan Guru Matematika Smp Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, 13(2).
Khan, K. S., Kunz, R., Kleijnen, J., & Antes, G. (2003). Five steps to conducting a systematic review. Journal of the Royal Society of Medicine, 96(3).
Laelasari, L. (2017). Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Matematika. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2).
Ma’ruf, M. R. (2019). Problematika guru dalam implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 di sd al-muslim waru sidoarjo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1).
Mardiana, E., Haryati, F., & Wahyuni, S. (2021). Praktek asessmen dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 5(6).
Mega, A. M. P., & Faisal Madani. (2023). Analisis Assesmen Autentik Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2).
Rahmawati, L. E., & Fatimah, N. (2015). Pengembangan Model Penilaian Autentik Kompetensi Berbicara. Jurnal Varidika, 26(1).
Salsabila, E., & Ambarwati, L. (2016). Pengaruh Penilaian Otentik Dan Cara Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terhadap Keberhasilan Belajar Aljabar Linear Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNJ.
Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan modul matematika realistik disertai asesmen otentik untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X di SMK negeri 3 singaraja. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan Indonesia, 3(1).
Sumardi, S., Ishartono, N., & Salsabila, Z. A. (2022). Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Penilaian Autentik Berbasis Literasi Matematika Selama Pandemi Covid-19. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1).
Yudha, R. P. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Otentik Tes Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1).
Yudha, R. P., Masrukan, M., & Djuniadi, D. (2014). Pengembangan instrumen asesmen otentik unjuk kerja materi bangun ruang di sekolah dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 3(2).

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.