Peran Kelompok Tani dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Tani pada Sawah

Main Article Content

Hasan Hasan
Usman Usman
Andi Sadapotto
Elihami Elihami

Abstract

Untuk memutar perekonomian negara perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat tani, sehingga petani mampu mandiri menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Salah satu usaha pemerintah bersama petani dalam rangka membangun kemandiriannya adalah dengan membentuk kelompok-kelompok tani di pedesaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui peran kelompok tani yang paling dirasakan oleh anggota kelompok tani, mengetahui peranan kelompok tani terhadap peningkatan produktivitas usahatani padi sawah anggota kelompok tani, dan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang dapat meningkatkan produktivitas usahatani padi sawah anggota kelompok tani. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, uji korelasi Kendall Tau-b menggunakan alat bantu SPSS 16, dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kelompok tani yang yang paling dirasakan oleh anggota kelompok tani adalah wadah belajar bagi anggotanya guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta tumbuh dan berkembangnya kemandirian dalam berusaha tani dan perannya sebagai kelas/ wahana belajar dan wahana kerjasama. Peran kelompok tani terhadap produktivitas usahatani padi sawah memiliki arah hubungan yang positif dan signifikan. Faktor internal yang dapat meningkatkan produktivitas usahatani anggota kelompok tani padi sawah adalah umur, status berusahatani, pengalaman berusahatan, intensitas kegiatanuntuk  penyuluhan, dan luas lahan. Faktor eskternal yang dapat meningkatkan produktivitas usahatani anggota kelompok adalah iklim usaha dan sarana usaha.

Article Details

Section
Articles

References

Deptan. 2016. Peraturan Menteri Pertanian.No.67/Permentan/SM.050/12/2016 Tentang PembinaanKelembagaan Petani. Departemen Pertanian.Jakarta.
Hasan, H., Usman, M., Mustakim, M., Masnur, M., & Elihami, E. (2020). Produk Olahan Pepaya pada Masyarakat Boiya menjadi Selai yang menghasilkan nilai jual. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(2), 18-23.
Ibrahim, I., & Elihami, E. (2020). Pembuatan Bawang Goreng Raja di Kabupaten Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(2), 6-17.
Nainggolan, Kaman, Mukti,I, Erdiman. 2014. Teknologi MelipatgandakanProduksi Padi Nasional. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Relamareta, Navalinesia. 2011. Hubungan antara Peran Kelembagaan KelompokTani dengan Pengembangan Usahatani Anggota (Skripsi). InstitutPertanian Bogor. Bogor.
Shinta, Agustina. 2011. Ilmu Usahatani. Universitas Brawijaya Press.
Surantiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya: Jakarta.
Utomo, M. dan Nazaruddin. 2003. Bertanam Padi Sawah Tanpa Olah Tanah.Penebar Swadaya: Jakarta.