Pemanfaatan Kotoran Ternak sebagai Bahan Pembuatan Biogas

Main Article Content

Usman Usman
Hasan Hasan
Muhammad Hanafi M
M. Abd. Kaharm
Elihami Elihami

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar minyak bumi yang semakin lama semakin sedikit dan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan kotoran ternak tidak hanya sebagai pupuk organik tapi juga sebagai bahan bakar untuk keperluan sehari-hari.Pemanfaatan kotoran ternak yang dalam hal ini adalah kotoran sapi sebagai Biogas masih sangat kurang dikalangan para peternak.Hampir 100% peternak tidak menyadari manfaat dari kotoran ternak ini sebagai biogas karena fokus mereka terhadap pemanfaatannya sebagai pupuk organik. Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses fermentasi anaerobic  dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya  kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. pengolahan dan pemanfaatan kotoran ternak sebagai Biogas, maka masyarakat tidak lagi bergantung pada penggunaan minyak tanah atau gas elpiji untuk memasak penerangan.Metode yang digunakan adalah konseling, demonstrasi instalasi biogas sederhana, dan pendampingan produksi biogas.Kegiatan ini dapat diikuti oleh peternak/petani.Penyuluhan dan praktek dilakukan di rumah petani.Hasil dalam implementasi sederhana dari produksi biogas dari kotoran menunjukkan bahwa gas yang terbentuk ditandai dengan kehadiran plastik gelembung gas dan bau seperti bau khas dari kotoran sapi. Gas akan dihasilkan pada hari ke-14.Untuk keberlanjutan gas sebagai bahan bakar, setiap dua sampai tiga hari perlu pengisian kotoran sapi sekitar 3-4 ember/1 arco.Biogas telah berhasil digunakan oleh petani untuk memasak air dan membuat masakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Article Details

Section
Articles

References

Daugherty E.C, 2001, Biomass Energy Systems Efficiency:Analyzed through a Life Cycle Assessment, Lund Univesity.
https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/pemanfaatan-kotoran-ternak-untuk-biogas-14
https://kalimantan.bisnis.com/read/20180309/436/747660/ternak-sulsel-populasi-sapi-dan-kerbau-capai-2-5-juta-ekor
https://www.kompasiana.com/sholehudinaaziz/552a4d206ea834aa0a552d1f/kotoran-sapi-energi-alternatif-biogasandalan.

Presiden Republik Indonesia, 2006, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2006 Tentang Kebijakan Energi Nasional, Jakarta
Prihandana, R. dkk, 2007, Meraup Untung dari Jarak Pagar, Jakarta , P.T Agromedia Pustaka
Singh, R.K and Misra, 2005, Biofels from Biomass, Department of Chemical Engineering National Institue of Technology, Rourkela.
Sulistiyanto, Y. dkk, 2016, Pemanfaatan Kotoran Sapi Sebagai Sumber Biogas Rumah Tangga di Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah, fakultas pertanian, universitas Palangkaraya.
Tim Nasional Pengembangan BBN, 2007, BBN, Bahan Bakar Alternatif dari Tumbuhan Sebagai Pengganti Minyak Bumi