Literatur Konten Lokal dan Kebudayaan Kabupaten Enrekang

Main Article Content

Ismaya Ismaya
Musdalifah Musdalifah
Dian Firdiani
Yunus Busa
Muh. Idham Haliq

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini kami buat sebagai salah satu upaya untuk menghadirkan sebuah bahan rujukan dan sumber literasi masyarakat untuk mengenal dan mengetahui terkait literatur konten lokal dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Enrekang. Bahan rujukan ini memberikan gambaran singkat tentang beberapa ciri khusus yang dimiliki kabupaten Enrekang. Adapun 2 ciri khususnya yaitu: yang pertama, dari segi sosial budaya Kabupaten Enrekang memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan kabupaten lainnya. Hal tersebut disebabkan karena Enrekang (Massenrempulu') memiliki 3 kebudayaan (suku) yaitu: Bugis, Mandar dan Tana Toraja. Yang Kedua dari struktur kebahasaannya, bahasa daerah yang digunakan di Kabupaten Enrekang secara garis besar terbagi atas 3 bahasa dari 3 rumpun etnik yang berbeda di Massenrempulu', yaitu bahasa Duri, Enrekang dan Maiwa. Bahasa Duri dituturkan oleh penduduk di Kecamatan Alla', Baraka, Malua, Buntu Batu, Masalle, Baroko, Curio dan sebagian penduduk di Kecamatan Anggeraja. Bahasa Enrekang dituturkan oleh penduduk di Kecamatan Enrekang, Cendana dan sebagian penduduk di Kecamatan Anggeraja. Bahasa Maiwa dituturkan oleh penduduk di Kecamatan Maiwa dan Kecamatan Bungin. 


Sosialisasi Literatur dan konten lokal dan kebudayaan Kabupaten Enrekang ini mempunya tujuan untuk; 1) Melestarikan konten lokal dan budaya Kabupaten Enrekang. 2) Sebagai rujukan pengembangan di dalam pendidikan budaya bagi masyarakat Kabupaten Enrekang khususnya, dan masyarakat luar pada umumnya. 3) Sebagai sarana promosi pengenalan jati diri Kabupaten Enrekang yang kaya akan budaya. 4) Sebagai sumber literasi sejarah bagi generasi berikutnya.


 

Article Details

Section
Articles

References

Ismaya dkk. Literasi Konten Lokal dan Kebudayaan Kabupaten Enrekang: Do You Know? Literacy of local content and culture of Enrekang Regency. Enrekang : UNIMEN Press, 2021.
Ismaya dkk. Tahukah Anda ? Literasi Konten Lokal dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai: Dibuat Untuk Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat. Enrekang : UNIMEN Press, 2021.
Ismaya. Deppa Te’tekan, Tahukah Anda?. https://unimen.ac.id/2021/02/01/3-deppa-, 2021.
Ismaya. Negeri di atas Cahaya Tahukah Anda?. https://unimen.ac.id/2021/02/01/negeri-d, 2021 .
Ismaya. Pulu Mandoti, Tahukah Anda ?. https://unimen.ac.id/2021/02/01/30/1- tahuka, 2021 .
Leonardo Adi Dharma Widya dkk. Pengembangan Multimedia Edutainment Interaktif dengan Konten Lokal Untuk Anak Usia Dini. ejournals.umn.ac.id, Vol. 12 No. 1, hal. 12-23.
Ika Oktaviani dkk. Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. researchgate.net .