Pelatihan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis IT Bagi Guru-Guru Sekolah MTs Muhammadiyah Enrekang

Main Article Content

Suparman Suparman

Abstract

Beberapa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, adalah: (1) Mengenalkan cara-cara pembuatan dan pengembangan media pembelajaran audiovisual dengan menggunakan software Microsoft Power Point, Macromedia Flash, software lainnya bagi Guru-guru di MTS Muhammadiyah Enrekang untuk Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS); (2) Meningkatkan kompetensi guru-guru dalam pengembangan media pembelajaran yang inovatif bagi Siswa MTS Muhammadiyah Enrekang; (3) Menghasilkan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk mata pelajaran IPS untuk siswa; dan (4) Menghasilkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menyerap materi ajar secara lebih optimal. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berupa pelatihan pengembangan media pembelajaran audiovisual untuk pengajaran IPS siswa dengan metode presentasi dan demonstrasi, dan praktik pembuatan media pembelajaran audio visual oleh peserta pelatihan secara mandiri maupun berkelompok. Dalam pelatihan, guru-guru akan dibantu mulai dari merancang media pembelajaran audiovisual, membuat media audio visual, dan pengembangan media audiovisual tesebut. Evaluasi dari kegiatan pengabdian ini meliputi pemberian pre test dan post test. Indikator keberhasilan kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan guru peserta pelatihan tentang pengembangan media pembelajaran audiovisual. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil analisis data skor pengetahuan peserta pada pre test dan post test, serta dari hasil observasi selama praktik oleh peserta pelatihan. Hasil pelaksanaan kegiatan diperoleh bahwa pemberian pelatihan memberikan manfaat dalam meningkatkan pengetahuan guru-guru di MTS Muhammadiyah Enrekang  tentang caracara mengembangkan media pembelajaran audiovisual berbasis IT untuk pengajaran IPS siswa di MTS Muhammadiyah Enrekang, peningkatan sebesar 42,21%, Media audiovisual dapat digunakan untuk pembelajaran di MTS.

Article Details

Section
Articles

References

Arwudarachman, D., Setiadarma, W., & Marsudi. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas Xi Danizar Arwudarachman Wayan Setiadarma Marsudi Abstrak. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 03 Nomor 0, 237–243.

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Nunuk suryani. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Fisika Indonesia, 1(2), 469. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/05/PRINT JURNAL SITI (05-09-13-03-29-59).pdf%0Ahttp://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal

Rinaldi, A. A., Daryati, D., & Arthur, R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan. Jurnal PenSil, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v6i1.7231