Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi WhatsApp bagi Guru SMP
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp di SMP Negeri 3 Enrekang. Mekanisme pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Metode yang digunakan dalam proses pelatihan adalah diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas.. Hasil kegiatan pelatihan ini dapat memberikan manfaat berupa: (1) inovasi pembelajaran yang lebih interaktif dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan WhatsApp sehingga memudahkan peserta dalam mengajar mata pelajaran yang diampu; (2) meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Pelatihan ini memberikan dampak positif terhadap kualitas kinerja guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Article Details
References
Agus Purwanto, Masduki Asbari, Mochammad Fahlevi, Abdul Mufid, Eva Agistiawati, Yoyok Cahyono, Popong Suryani. (2020). Impact of Work From Home (WFH) on Indonesian Teachers Performance During the Covid-19 Pandemic : An Exploratory Study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 6235 - 6244. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/15627
Khusaini, Suyudi, A., Winarto, & Sugianto. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. JRKPF UAD , 4 (1), 1-6.
Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70.
Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi , 1 (2), 122-133.
Samsul, P., Hafsyah, H., & Suparman, S. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI HIMPUNAN MODEL RESIK BERBASIS SCIENTIFIC DI SMP. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 479-499. doi:http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v4i2.718
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513-521.